19 September 2016

[Ide Bermain: Melatih Konsentrasi] Ayo pegaaang ...


pict ramdom from google
Permainan ini pasti sudah tidak asing lagi bagi siapa pun. Mengikuti instruksi sekaligus melihat dengan mata telanjang apa yang dilakukan instruktur, biasanya membuat para pemain sulit berkonsentrasi. Apalagi bila pemain adalah anak-anak balita!

Nah, bila anak-anak sedang berkumpul dengan sepupu-sepupunya, pasti ramai dan butuh ide bermain yang bisa mengalihkan mereka dari gatget. Kok gatget? Saya akui mayoritas anak-anak sekarang sudah tidak bisa dipisahkan dari gatget bila tidak ada aturan yang jelas dari orang tuanya. Dan saya adalah orang yang sedih bila anak-anak berkumpul dengan saudara/temannya tetapi tidak bermain bersama melainkan sibuk sendiri dengan gatget mereka. Karena itu, saya selalu mencari ide agar bisa
membuat suasana seru tanpa gatget bila anak-anak berkumpul dengan sepupu-saudara-saudaranya. Salah satu permainan yang bisa dilakukan adalah permainan ini karena tidak dibutuhkan alat dan bahan sama sekali. Karena saya bingung memberi nama permainan ini, saya kasih judul saja: Ayo pegaaang ... (diisi sendiri ya titik-titiknya)

Usia pemain: bisa dari usia balita (hingga dewasa)
Jumlah pemain: Minimal 2 (1 instruktur dan 1 pemain yang mengikuti instruktur)
Permainan bisa dilakukan sambil duduk maupun berdiri
Alat dan bahan : -
Cara Bermain :

  1. Pilih satu instruktur untuk memberi instruksi kepada pemain lainnya.
  2. Atur posisi supaya instruktur dan pemain lain saling berhadapan.
  3. Mulailah permainan dengan berdoa (bisa dengan tepuk/lagu memulai posisi doa)
  4. Instruktur menjelaskan cara bermain: Ayo pegang apa yang bunda katakan ya, anak-anak! Oke, kita mulai, ingat, pegang apa yang bunda katakan. Konsentrasi yaaa!
  5. Mulai memberi intruksi: Ayo pegang mata! (tangan instruktur sambil memberi instruksi sambil memberi gerakan memegang mulut/bagian tubuh lain yang bukan disebutkan dalam instruksinya)
  6. Lihatlah senyum lebar mereka, sambil amati mana saja pemain yang melakukan instruksi dengan benar, dan mana pemain yang mengikuti gerakan instruktur yang jelas tidak sesuai dengan instruksi)
Yeay!
Permainan ini sungguh sangat seru dan pastinya mudah karena tidak membutuhkan apa-apa kecuali para pemain (dan instruktur). 

Gimana?
Apa sudah terbayang dan teringat permainan ini? 
Sudah sering kan?

Lalu apa gunanya permainan ini untuk anak-anak (khususnya)?
  • untuk mengingat kembali nama-nama bagian tubuh manusia
  • untuk melatih konsentrasi anak-anak
  • untuk memupuk kebersamaan
  • stimulasi indera pendengaran
Tulisan ini saya buat karena baru saja saya ingat dengan permainan ini kemarin saat Rizma sedang berkumpul dengan para sepupunya. Seru deh, dan kita jadi tahu apakah anak-anak sudah tinggi tingkat konsentrasinya? Dengan begitu kita sebagai ibu bisa memberi stimulasi yang tepat bila anak belum bisa berkonsentrasi, yang tentunya lewat permainan yang mengasikkan juga.

Yuk bermain dengan sikecil dengan permainan sederhana seperti ini ^^

2 komentar:

  1. wah makasih artikelnya ya mba El, ini cocok banget buat si bungsu...

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.