23 Maret 2018

Bingung dengan Peeling Wajah Alami


Saya sedang penasaran mencari ramuan alami untuk peeling.

Peeling itu apa sih sebenarnya? Hasil googling menyatakan bahwa intinya peeling wajah dilakukan dalam rangka regenerasi dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Manfaat peeling wajah sendiri antara lain:
  • Mengurangi garis-garis halus di wajah.
  • Menyamarkan kulit keriput karena sinar matahari atau penuaan.
  • Mengencangkan kulit yang kendur atau sudah tidak kenyal.
  • Menyamarkan bekas luka, bekas jerawat, atau noda-noda di kulit.
  • Mengatasi kulit berjerawat.
  • Menyegarkan dan mencerahkan wajah yang kusam.

Nah, peeling (yang chemical) dilakukan maksimal 2x sebulan. Bahkan untuk kulit tertentu sekali sebulan cukup. Tapi di materi bunda cekatan, peeling ini termasuk dalam agenda mingguan perawatan wajah, mungkin maksudnya ditujukan untuk peeling alami yang bisa dilakukan di rumah.

Jadi pilih yang mana?

Kalau saya tertarik dengan peeling dari bahan alami, karena saya juga sedang berusaha menggunakan perawatan alami seperti herbal untuk perawatan wajah saya. Sayangnya produk yang saya pakai belum mengeluarkan krim untuk peeling.

Peeling juga lebih efektif dilakukan malam hari. Dan tiga hari setelahnya, dilarang memakai krim yang biasa dipakai, krim siang misalnya. Jadi, hanya pakai facial wash saja. Masalah timbul saat kita harus keluar dan terpapar sinar UV. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memakai topi/payung. Duh, kok terdengar ribet ya. Saya berkonsultasi dengan owner sebuah produk kecantikan herbal yang saya pakai, malah setiap habis peeling, wajib pakai krim spf agar kulit tidak terpapar sinar UV.

Yang benar yang mana? Makanya saya beri judul tulisan ini dengan kata awal bingung. Mungkin ada yang mau sharing?

Untuk perlengkapan peeling di rumah cukup mudah, hanya butuh 3 perlengkapan:

1. krim peeling
2. air hangat
3. handuk

Lakukan tes iritasi sebelum melakukan peeling
Nah, apabila jenis kulit kita adalah kulit sensitif, maka kita harus mencari produk yang aman dan harus dicoba dulu. Caranya, cobalah di bagian punggung tangan, diamkan selama kurang lebih 1 jam dan lihat apakah ada reaksi alergi. Apabila tidak ada, maka kita bisa menggunakan produk tersebut.

Namun, apakah bila krim peeling dari bahan alami, ada juga risiko alergi? Sejauh saya berkonsultasi dengan yang sudah pernah melakukan peeling alami di rumah, tidak ada risiko alergi, karena bahan yang dipakai juga bahan-bahan alami.

Langkah-langkah peeling:
1. Bersihkan wajah dengan susu pembersih dan toner, sambil dipijat-pijat selama 1 menit
2. Sterilkan pin pemencet jerawat dan komedo, sebelum digunakan dengan alkohol 70%. Kemudian baru boleh dipakai.
3. Setelah proses pemencetan jerawat dan komedo selesai, pakai cream peeling. Hindari bagian jerawat yang meradang atau kulit yang terluka.
4. Diamkan sampai setengah mengering, kemudian angkat masker peeling dari wajah sambil digosok perlahan.
5. Basuh wajah dengan air hangat, kemudian masker wajah dengan buah-buahan atau mentimun.

Membuat Peeling Wajah Sendiri

Meski hasilnya tidak akan sekilat dengan yang didapatkan di dokter atau klinik kecantikan berkualitas, kita dapat membuat sendiri peeling wajah alami dengan harga yang sangat terjangkau. 

Resep peeling alami versi 1:
  • Campur dan haluskan 1/2 butir lemon, 1/2 butir jeruk, 1/2 cangkir nanas, 1/2 cangkir papaya, dan 1-2 sdm madu atau yogurt tanpa rasa dengan blender hingga menjadi “bubur”.
  • Gosokkan “bubur” tersebut pada wajah dan diamkan selama 25 menit.  Asam glikolat pada jeruk membantu mengurangi keriput, hiperpigmentasi (kulit gelap), dan pori-pori besar.
Resep peeling alami versi 2:

Jus kulit jeruk atau lemon, oleskan di wajah beberapa saat sebelum mandi

Selain lemon, ternyata bisa memakai kulit mangga atau kulit tomat. Wah, baru tau saya kalau kulit buah-buahan tadi mengandung AHA alami.

Resep peeling alami versi 3:

Campurkan oatmeal dengan susu, oleskan ke wajah sambil dipijat pelan-pelan. Bisa juga sampai kering, sekaligus menjadi masker.

Wah, cocok sekali dengan saya yang kurang suka dengan oatmeal tapi masih saja berani membeli oatmeal untuk percobaan memasak makanan anak-anak. Hingga berakhir di lemari dapur teronggok bersisa separuh wadah karena dipakai hanya sesaat setelah membeli saja. Setelah tahu resep ini, jadi menemukan cara menghabiskan oatmealnya.

Kesimpulannya, peeling itu penting untuk regenerasi kulit. Bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun dengan mendatangi klinik kecantikan.

Kalau kamu pilih yang mana?

_________________

Referensi:
Vemale.com
Alodokter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.