11 Februari 2015

Aneka Menu FC

FC itu menunya sederhana... Hehehe... yang penting banyakin sayuran. Minimal sama banyak dengan karbo (kalau menu karbo). Berikut beberapa contoh menu FC:
telur ikan masak kemangi
urab
udang sayur masak asam manis
terancam (resep ala mertua)



 
kuncinya bumbu urab: kencur&terasi
Menu yang baru bagi saya itu terancam dan telur ikan masak kemangi. Eh ternyata terancam bisa menjadi solusi untuk mengkonsumsi sayuran mentah lho. Insya Alloh sehat, komplit sayurnya. Berikut resep terancam:
Bahan (semua dirajang kecil) ---
  • kol
  • timun
  • daun jeruk
  • daun seledri
  • pete cina
  • tauge pendek
  • daun kemangi
Nah, dressingnya itu pakai santan. Cara membuat santannya, peras kelapa dengan air matang. Jadi, santan tersaji dalam keadaan matang, langsung diguyur ke bahan-bahan sayuran. Kemudian tambahkan bumbu halus, aduk rata, nikmatttt...
Oh iya bumbu halusnya itu bawang putih 2 siung, kencur, cabai rawit, gula dan garam secukupnya.
Kalau di Tegal ibu saya ngga pernah masak terancam, jadi ini ilmu tambahan bagi saya di dunia masak-memasak. Hehehe...

Untuk telur masak kemangi, resepnya saya googling aja. Alhamdulillah pertama kali mengolah telur ikan hasilnya memuaskan penghuni rumah (pas ada mertua juga). Bumbu halusnya: bawang merah, cabai merah, cabai rawit, kunit, jahe, merica, kemiri, gula&garam. Tambahan bumbu lainnya lengkuas, salam, serai, daun jeruk, daun bawang, daun kemangi. Resep aslinya sih pakai daun kunyit, daun pandan, ngga pakai daun bawang. Tapi bagi saya memasak itu jangan dipersulit, yang ada aja, dikreasikan resepnya. Uwenak deh rasanya, sedeeeep. Dan dapat pelajaran, memasak telur ikan itu motong telur ikannya pas udah mateng, jadi hasilnya bagus ngga buyar. Alhamdulillah di resepnya ada panduan.

Sekian sharing tentang beberapa menu FC. Salam sehat, salam FC-ers ^^

4 komentar:

  1. jd kayak sayuran mentah berkuah santan, rasa kencur&pedes. seger tapi mba :)

    BalasHapus
  2. Kalo anak kos kadang susah buat FC XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. dek hilda, ada lho tmn sy, kos, laki2, dia bs FC. Istilahnya FC dg menu ngga ideal. Kata dia seadanya di warung makan (krn mmg ngga memungkinkan masak sendiri). Buah pun beli seminggu sekali misalnya apel, pisang, mangga. Alhamdulillah dia pny GERD sampai skrg jarang kambuh sakitny :)
      Semoga meninspirasi ^^

      Hapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.