18 April 2018

Berpetualang ke Angkasa Luar di Skyworld

Dua minggu setelah ke TMII (taman Mini Indonesia Indah), kami kembali ke sana dengan tujuan mengantarkan eyang uti reunian. Karena sudah pasti kami menunggu acara selesai, jadi kami membuat rencana ke tempat lain di TMII selain Istana Anak.


Awalnya kami berencana ke Taman Legenda, karena sekilas terlihat menarik. Tapi karena review yang saya temukan itu kurang membuat kami tertarik, akhirnya kami sepakat dengan Rizma untuk pindah tujuan yakni ke Skyworld.



Harga tiket masuk ke Skyworld weekend itu 70 ribu rupiah per orang. Dengan petualangan-petualangan seru di dalamnya.

Exhibition Room

Setelah membayar tiket di loket, kita akan langsung masuk ke Exhibition room. Yakni ruangan luas yang berisi banyak sekali benda atau pun informasi yang berhubungan dengan angkasa luar. Pertama yang menyambut kita saat masuk Exhibition room ini adalah dua standing character astronot yang nggak berkepala. Kedua astronot itu berbeda ukuran, jadi pas untuk foto-foto antara orang tua dan anaknya. Memang sengaja sih ini area untuk foto, biar berasa pernah jadi astronot. Hehehe...


Selanjutnya, kita akan disuguhkan berbagai informasi seputar dunia antariksa, baik dalam bentuk digital, maket, replika, art visual, dan foto-foto dokumentasi serta dalam bentuk sajian layar. Banyak sekali informasi tentang luar angkasa yang disajikan, mulai dari teknologi, sejarah, dan sebagainya.



Rizma antusias sekali melihat segala yang ada di Exhibition room ini. Mengulang kembali materi luar angkasa yang dulu pernah kami pelajari di rumah. Dan kali ini melihat langsung alat peraga yang berhubungan dengan luar angkasa.




Yang paling menakjubkan adalah replika roket yang sangat besar. Jadi, kalau kita masuk dari lantai atas, maka roketnya ada di lantai bawah dan kita bisa foto dari lantai atas saking besarnya si roket ini. Untuk menuju lantai bawah, ada semacam tangga datar seperti di Taman Pintar Yogyakarta, dimana dindingnya dipenuhi dengan foto-foto para tokoh astronomi dunia. Senangnya lagi, banyak tokoh islam juga yang dipajang di sana. Alhamdulillah...


Baca juga: Kunjungan Edukasi ke Taman Pintar


Suasana di ruangan ini gelap, tentu saja ya. Karena dirancang agar lebih terasa suasana luar angkasanya. Tapi yang pasti banyak informasi yang didapatkan terkait dunia luar angkasa di sini.

5D Cinema

Selesai mengelilingi Exhibition room, selanjutnya ada petualangan di wahana 5D Cinema. Jadi ini semacam bioskop dengan film berbeda tema. Karena saat itu Hanum tidur dan saya nggak tega meninggalkannya bersama petugas, maka yang masuk ke ruangan ini hanya Rizma dan papahnya. Sebelum memulai petualangan, mereka memakai kaca mata 3 dimensi, tentu saja agar lebih seru petualangannya. Saya hanya melihat di CCTV, rasanya geli melihat Rizma yang terheran-heran dengan kursinya yang bergoyang-goyang ke segala arah mengikuti apa yang tampil di layar besar. Hahaha...


Awal-awal Rizma terlihat kaget dan bukannya fokus melihat film, tapi malah melihat sekeliling kursi. Mungkin dalam hati bertanya: Apa aku akan baik-baik saja? Sedangkan papahnya heboh teriak-teriak di kursinya sambil sesekali mengajak Rizma ikutan heboh. Tenang Rizma, kan sudah pakai sabuk pengaman! Selebihnya sih Rizma terlihat lebih rileks dan menikmati tontonan di hadapannya.

Planetarium

Ini semacam dome yang mempertunjukkan film tentang antariksa yang sinematis, atraktif, dan edukatif tentunya. Ada jadwal pemutaran film, masing-masing berdurasi kurang lebih setengah jam (belum termasuk persiapannya). Jadi, waktu itu banyak menunggu pengunjung lain dulu sebelum pemutaran film.

Waterplay dan Playground

Siapa sangka di Skyworld ini ada waterplay dan playground?


Deretan perosotan, ayunan, kolam bermain anak -yang mana ada perosotan dan giant bucketnya juga- dan bahkan ada trampolin yang berukuran lumayan besar, serta panjat dinding. Ya! dengan tiket terusan seharga tujuh puluh ribu rupiah, kita bisa menikmati semuanya. Asal siap alat tempur saja. 


Saya sudah mendapat info dari teman bahwa di sana ada kolam bermain untuk anak-anak, tapi memang sengaja nggak bawa baju renang. Alhamdulillah pilihan itu tepat, karena pas di sana pas matahari terik, di atas jam sembilan pagi. Selain itu, airnya juga nggak termasuk bersih. 


Satu yang nggak terlupakan adalah pengalaman Rizma dan Hanum bertrampolin ria untuk pertama kalinya. Biasanya mereka hanya loncat-loncat di kasur, kali ini di trampolin besar yang bisa menjatuh-tertawakan mereka berdua.


Overall, kami senang sekali berkunjung ke sini. Bila kelelahan, banyak kursi tersedia di sana -terutama di area waterplay dan playground- untuk sekedar leyeh-leyeh.

Sekian petualangan kami ke Skyworld, selanjutnya, berpetualang ke mana lagi ya?

__________________________

Skyworld Indonesia
Lokasi :
Taman Mini Indonesia Indah
Jam Buka :
Senin - Jumat 09.00-17.00 dan weekend/hari libur 08.00-17.00 WIB
HTM :
weekdays 65.000 weekend 70.000 (per 11 Maret 2018)
Jadwal Planetarium Digital:
Senin-Kamis: 09.30, 10.30, 11.30, 12.30, 13.30, 14.30, 15.30, 16.30
Jumat: 09.00, 10.00, 11.00, 13.30, 14.30, 15.30, 16.30
Sabtu-Minggu: 09.15, 10.00, 10.45, 11.30, 12.30, 13.15, 14.00, 14.45, 15.30, 16.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.