21 September 2019

Kuliah Online melalui Google Classroom


Bismillah...
Hari ini saya akan sharing sebuah ruang kelas online yang disediakan oleh Google yaitu Google Classroom. Aplikasi ini dapat digunakan langsung melalui alamat classroom.google.com maupun
dengan menginstall di smartphone kita.

Untuk memulai kelas di Google Classroom ini ada beberapa cara. Namun cara yang saya gunakan saat awal memasuki dua periode kuliah online di Institut Ibu Profesional adalah dengan menggunakan kode yang dibagikan oleh fasilitator kelas. Jadi, setelah kode diinput pada menu "buat atau gabung dengan kelas" (diwakili oleh tanda + di kanan atas), maka otomatis kita sudah tergabung dengan kelas online yang diadakan.



Pada Google Classroom, semua peserta kuliah online bisa menyantap materi yang disajikan fasilitator tanpa harus scroll up seperti layaknya di Whassap Group atau Telegram. Selain itu, para peserta dapat mengunggah seluruh tugasnya melalui fitur tugas yang ada di dalam Google Classroom. Bentuk tugas yang bisa diunggah dapat berupa file maupun link hidup.



Nah, enaknya Google Classroom ini, kita bisa melihat kembali tugas-tugas yang pernah kita kerjakan pada semua program kuliah online di sana. Jadi, misalnya saya mau flashback tugas-tugas di kelas Matrikulasi IIP tahun lalu, saya tinggal klik kelasnya lalu bisa melihat tugas pada masing-masing folder materi perkuliahan. 



Alhamdulillah, sekarang jaman makin canggih. Tanpa jauh-jauh pun kita dapat menuntut ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan kita melalui kuliah online.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.