04 Januari 2020

Lima Bulan Ke Depan, Mau Belajar Apa?

Bismillah...

Setelah satu pekan libur, kuliah buncek kembali aktif. Kali ini, materi dan tugasnya adalah
tentang kebutuhan ilmu yang akan dipelajari dalam rangka memperkuat keterampilan-keterampilan yang ada dalam telur merah.

Baca juga:

Okey, mari kita ulas dulu apa 5 keterampilan yang telah dipilih dalam telur-telur merah:
✔Manajemen Emosi dan Stress
✔Manajemen Waktu
✔Food Preparation
✔Manajemen Finansial
✔Pandai Bersyukur

Hmmm, kalau dilihat ada tiga keterampilan dengan kata depan Manajemen. Oh oh oh... Kalau yang sudah saya pelajari dan saya rasa sangat mempengaruhi emosi dan tingkat stress saya adalah ilmu-ilmu dalam Enlightening parenting. Di dalamnya, ada banyak ilmu. Diantaranya adalah ilmu kebersyukuran, ilmu komunikasi yang efektif, ilmu menyelesaikan emosi, dan ilmu melihat dengan kaca mata lain.

Rasanya, ilmu dalam Enlightening Parenting ini cukup untuk mewakili kebutuhan ilmu untuk memperkuat keterampilan-keterampilan diatas. Tambahannya adalah ilmu Financial Planning dan ilmu menyusun menu sehat serta memasak cepat dengan #FoodPreparation.

Untuk porsinya sendiri, saya rasa untuk #foodprep dan #finplan akan memakan waktu sedikit karena saya akan dibantu aplikasi untuk memanajemen keuangan keluarga dan foodprep sudah pernah dipelajari, hanya perlu kegigihan untuk konsisten melakukannya. Sedangkan untuk Enlightening Parenting akan memakan waktu terlama karena banyak praktik bertahap. Kalau berbagi? Duh, galau lagi ini. Semalam nanya suami, apa yang prioritas? Katanya nyetir mobil, tapi dengan syarat lulus dulu renangnya. Heuheuheu...

Aha! Jadi nemu satu ilmu yang sangat penting sebenarnya dari ilmu-ilmu ini. ISTIQOMAH.

Ya! Konsisten atau istiqomah adalah satu ilmu terpenting yang seharusnya saya kuasai agar semua keterampilan yang ingin saya "mahir" didalamnya itu tak hanya tulisan dan harapan belaka.

Ya Alloh, mudahkanlah mudahkanlah mudahkanlah...

Oke, pada akhirnya, telur oranye ini, yang akan sangat saya dalami adalah: ilmu Enlightening Parenting (Nggak hanya parenting sih, pokoknya ilmu Enlighten & Empower), Sustainable Living, Kebersyukuran, dan ilmu untuk Istiqomah (konsisten).



Bismillah... In sya Alloh dalam lima bulan ke depan akan mendalami 3-4 ilmu ini agar keterampilan dalam telur merah meningkat dan kebahagiaan saya dalam melakukan aktivitas-aktivitas dalam telur hijau semakin tinggi.

Baca juga: Telur Hijauku

Oke, selanjutnya mari dijabarkan segala pemikiran kenapa memilih ilmu-ilmu tersebut. Dirangkum dalam gambar aja yah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.