16 Januari 2013

Hypnobhirthing

Alhamdulillah, kehamilanku sudah memasuki minggu ke-31, sehat-sehat ya anakku sayang...
Kalau kelahiran normalnya 40 minggu, berarti ada sembilan minggu lagi yang akan kulewati menuju persalinan. Aku sangat berharap agar persalinanku nanti lancar dan gampang serta tanpa jaitan, dan yang terpenting, anak dan bundanya sehat dan selamat. Amin Ya Alloh...

Beberapa waktu yang lalu (aku lupa bulan apa) aku sudah membeli buku "Melahirkan tanpa rasa sakit dengan metode Hypnobhirthing" dan sampai sekarang belum sempat kutulis sinopsis bukunya, insya Alloh lain waktu. Nah, kemarin-kemarin, aku googling sugesti positif yang bisa dipraktikkan selama relaksasi. Hmmm, salah satu istilah dalam Hypnobirthing. Untuk lebih lengkapnya, bisa di googling, hehe...
Alhamdulillah aku menemukan beberapa afirmasi dan sugesti positif untuk Hypnobirthing, ada tiga bagian yang kutemukan disini. Cekidot!

Affirmasi dan Sugesti Positif Saat Kehamilan
1. Aku mempercayai tubuhku, Tubuhku adalah sehat dan kuat
2. Tubuhku mengetahui bagaimana caranya bayi ini bertumbuh
3. Persalinan adalah luar biasa dan alami/wajar
4. Leher rahimku dengan kuat dan dan dengan aman menyangga dan menjaga bayiku
5. Aku adalah wanita yang tegar dan kuat
6. Aku mengetahui kelahiran sebagai suatu peristiwa indah/cantik dan alami/wajar
7. Aku menyenangi makanan-makanan yang bernutrisi dan mendukung kesehatanku
8. Rahimku adalah suatu sumber dari kasih dan cahaya
9. Aku adalah mampu dan kuat, Aku percaya pada keajaiban dalam persalinanku
10. Kelahiran dari suatu bayi adalah suatu pengalaman luar biasa indah
11. Tubuhku mengetahui apa yang harus diperbuat
12. Bayiku merasakan kasih dan cinta saya, Bayiku bahagia dan sehat
13. Aku menerima diriku sebagai suatu wanita tangguh
14. Aku merasakan yakin, aman dan nyaman
15. Aku hidup dalam damai didalam dunia
16. Aku mempercayai kebijaksanaan dari tubuh ini,
17. Aku dicintai, didukung dan dipelihara oleh keluargaku
18. Tubuhku dengan sempurna memelihara bayiku
19. Aku merasakan kegembiraan dari (hamil, mengandung)
20. Aku hidup dalam damai, Aku adalah damai, Aku adalah tenang dan seimbang
21. Persalinanku berlangsung dengan mudah, alami/wajar
22. Kelahiran dari bayiku adalah suatu pengalaman yang sangat menggembirakan
23. Segala hal yang aku perlukan ada tersedia kepada saya
24. Tubuhku menjadi yang lebih kuat setiap hari,
25. Aku adalah selaras dengan tubuhku, Aku adalah selaras dengan bayiku
26. Kehamilan ini adalah anugrah terindah dalam hidupku
27. Aku merasakan kedamaian melingkupi aku
28. Tubuhku mengetahui persisnya bagaimana caranya kelahiran
29. Aku berfokus kepada suatu kelahiran yang lancar dan kelahiran gampang
30. Seperti pikiranku relax, tubuhku relax
31. Aku sudah menemukan satu sumber yang belum digunakan dari kekuatan di dalam aku, yang kini tersedia untukku
32. Semua ketakutan disimpan ketika aku bersiap-siap menghadapi kelahiran dari bayiku
33. Tubuhku juga mengetahui bagaimana carany kelahiran bayi ini
34. Aku mempercayai diriku dan kekuatan tubuhku
35. Keyakinanku menjadi yang lebih kuat dari hari ke hari 


Affirmasi Sebelum Persalinan
  •  Sukacita mengalir sepanjang hari setiap aku mengingat hari perkiraan kelahiran janinku  
  •  Setiap kali aku berfikir tentang proses persalinanku, aku bernafas dalam kearah perut bawahku
  •  Setiap aku tarik nafas dalam…kami merasakan kedamaian dan ketenangan mengalir keseluruh tubuh
  •  Aku menyadari pertumbuhan dan perkembangan janinku yang sempurna
  •  Aku mengetahui dan menyadari bahwa kontraksi yang aku rasakan menjelang persalinan merupakan cara yang terbaik untuk proses persalinan bayiku
  • Setiap kali aku merasakan kontraksi diperutku…secara otomatis aku mengambil nafas dalam untuk diarahkan kedalam perutku dan saat aku menghembuskan nafas…rasa relaksasi mengalir kedalam tubuhku
  • Kontraksi yang kurasakan memandu bayiku dengan lemah lembut utnuk lahir dari rahimku dengan tenang dan nyaman
  • Saat waktunya tiba, aku melahirkan dengan nyaman dan mudah
  • Tubuhku semakin rileks saat aku merasakan kontraksi
  • Kita merasakan yang nyaman, aman dan yakin selama kelahiran
  • Seluruh proses persalinanku berlangsung dengan cepat, mudah dan nyaman
Healt         Healthy Child Bonding with Fetus

Affirmasi Untuk Berkomunikasi Dengan Janin
(Salam) …. Selamat Pagi (Siang, Sore, Malam) ….. (Tambahkan nama anak anda atau istilah sayang untuk anak anda)

a. Aku merasakan pertumbuhanmu dalam rahimku sangat sempurna
b. Hari demi hari kamu tumbuh dengan sempurna dan semakin matang
c. Aku semakin yakin akan kesehatanmu
d. Aku sangat bahagia ketika aku merasakan bayiku berkembang, bertumbuh dan bergerak
e. Setiap hari membawa aku dan bayiku semakin dekat dan semakin dekat
f.  Pertumbuhan dan perkembangan bayiku berlangsung secara sempurna
g.  Anda merasa dalam dalam damai, Aku merasakan damai mu, Bayiku merasakn kasih sayangku
h. Aku dan bayiku berada di dalam keselarasan yang harmonis, kami benar-benar bertumbuh dan berkembang bersama-sama
i. Pertumbuhan mu adalah idamanku
j. Semakin hari semakin aku merasakan indahnya kehadiranmu

Hmmm, hmmm, hmmm, layout tulisannya jadi berantakan gara-gara copast dari word yang aku ringkas dari web. 
Intinya sih, relax, terus berikan sugesti positif bahwa tubuh kita mampu, kita bisa, dan tidak tegang plus takut. Kalau pribadiku sih ya masih ada rasa takut, tapi semua itu harus diatur, jangan sampai ketakutan dan membuat kita tegang.
Sekian, semoga bermanfaat untuk calon ibu yang akan mempraktikkan hypnobirthing.
   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.