22 Mei 2014

Kerang Kiloan Pak Rudi

Sebetulnya setiap pulang kantor kami ngelewatin tempat makan yang satu ini. Dan setiap lewat selalu nggumun kayaknya asik makan di situ. Cuma karena satu dan lain hal barulah kami mampir ke sana awal bulan lalu. Ternyata dugaan kami benar kalau makan disana itu asik. Sama-sama berjuang menghabiskan kerang sekeranjang (lebay) dengan garpu super kecil (yang buat makan kue itu). 

Jadi memang kerangnya dipesan per kilo (kg). Saya awalnya berpikir kalau per kg artinya bisa beli seperempat kilo untuk masing-masing kerang, jadi bisa beli semua jenis kerang yang dijual di sana. Ealah ternyata aturannya beli minimal sekilo, kecuali untuk kerang bambu yang minumal beli boleh setengah kilo. Kerangnya ada berbagai jenis, saya lupa tepatnya ada jenis apa saja. Diantaranya kerang hijau, kerang bambu, kerang dara, dan kerang bulu. Sausnya sendiri juga ada bermacam-maca, mulai dari saus tiram, saus padang, saus kacang, sampai dengan mushroom sauce. Untuk harga berkisar antara 30-40an ribu.
Penyajiannya sendiri menggunakan wadah yang sering saya sebut dengan sebutan cepon yang bahannya baja nirkarat (seperti wadah nasi di rumah-rumah, bolong-bolong gitu deh). Tapi kalau kerang bambu kemarin sih pakai piring ceper saja. Selidik punya selidik, makin malam ternyata makin ramai. Karena sepertinya baru buka jam lima sore.

Sebelum memesan, tentunya kami tanya dulu yang favorit apa. Jawabannya adalah kerang hijau goreng. Akhirnya kami memutuskan untuk memesan kerang hijau goreng dan kerang bambu rebus yang jumlahnya satu setengah kilo saja (mengingat sudah menjelang maghrib). Ternyata waktu tunggu dari order sampai datang pesanan lumayan lama. Dan melahapnya hanya dalam waktu sekian menit saja. Hihihi...

Overall, rasanya enak, terutama yang kerang hijau goreng. Harganya juga tidak terlalu mahal, sebanding dengan kepuasan yang didapat, hehe.. Tempatnya lumayan besar (tidak terlalu kecil tidak juga terlalu besar). Dan letaknya amat sangat strategis karena memang itu searah sama jalan pulang sih ya :) 
(tepatnya di Jl. Bumi yang kalau dari pakubuwono ada di kanan jalan, sebelum sampai pasar Mayestik).
Lain kali mungkin bakal nyobain kerang jenis lain dan tentunya jenis saus yang lain juga. 

credit
kerang hijau goreng

kerang bambu, mushroom sauce, saus padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.