16 Mei 2014

Toilet Training (TT) bagian I

Baru ingat ada satu hal penting dalam perkembangan si kecil yang belum saya tulis disini, yakni tentang Toilet Training (TT). Alhamdulillah sudah sebulan lebih sepertinya sudah berjalan proses TT. Rizma kalau siang memakai celana biasa, dan setiap setengah jam sekali diajak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Kalau untuk buang air besar, seringnya masih belum full di kloset, keburu keluar :))

Awalnya sih memang repot ya, soalnya kan setengah jam sekali bolak balik ke kamar mandi, nungguin si kecil buang air kecil, kadang sampai di cipratin sedikit air biar terangsang untuk buang air kecil. Dan selama perjalanan lebih dari sebulan ini pula, kadang-kadang pas di kamar mandi nggak keluar air seninya, begitu keluar kamar mandi dan pakai celana lagi, baru keluar. Hihihi... pokoknya kudu sabar, apalagi Rizma masih belum bisa ngeyel (baca: sengaja bak di lantai padahal sudah bisa bak di kamar mandi).

Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, terkadang kalau setengah jam nggak di bawa ke kamar mandi, Rizma belum pipis pipis (bak dalam bahasa jawa). Baru deh setelah diingatkan mbak pengasuh kalau Rizma belum pipis kalau nggak dibawa ke kamar mandi. Ternyata benar, pas dibawa ke kamar mandi langsung pipis. Memang kudu telaten, alhamdulillah pengasuh saya tergolong telaten mengurus anak-anak. Tapi memang terkadang masih kecolongan pipis saat bermain.

Kecuali malam hari dan mau pergi keluar, Rizma sekarang lebih sering memakai celana biasa ketimbang clodi. Kadang-kadang memakai clodi sih, kalau pagi-pagi bab, terus saya sudah pakai baju kerja (yang artinya nanti di kantor dipakai sholat) dan pasti Rizma minta gendong. Jadi kalau pakai celana biasa dan saya yang bolak-balik mengantarnya ke kamar mandi, takutnya ada air seni yang memercik ke baju saya.

Alhamdulillah, kemajuan yang sangat luar biasa untuk anak seusia Rizma. Terimakasih kerja samanya mbak pengasuh dan anakku sayang :)
Mudah-mudahan nggak lama lagi seharian full nggak pakai clodi atau pospak ya sayang. Karena selain sayang bumi juga sangat membantu berhemat :)))

papah nungguin Rizma p**p ;))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.