23 November 2015

Mengenalkan Siang dan Malam


Setelah sebelumnya berkenalan dengan tata surya, ajakan bermain selanjutnya adalah berkenalan dengan siang dan malam. Sejauh ini Rizma sudah paham kalau malam hari bilang 'sudah malam' dan kalau pagi-pagi bilang 'ayam udah bangun'. Saatnya mengenalkan perbedaan antara keduanya. Untuk anak seusia Rizma (32 bulan) masih yang simpel pengenalannya. Tentunya pengenalan siang dan malam ini dilakukan melalui aktivitas yang menyenangkan.


Aktivitas yang kami lakukan adalah menempel. Anak-anak pasti suka dengan kegiatan menempel, entah itu stiker, menempel dengan lem, ataupun dengan double-tape.

Saya sudah menyiapkan potongan-potongan gambar awan, matahari, bulan, dan bintang serta satu pesawat yang di gambar manual (soalnya kalau browsing kan kudu edit-edit lagi kalau sumbernya banyak, lama!). Selanjutnya diberi lem dan di tempel ke kertas karton berwarna gelap (saya pakai hitam) dan terang (saya pakai biru muda).


Biarkan anak memilih bagian mana yang akan di tempel dulu, matahari kah, bulan kah, bintang kah, dst. Sambil dipandu, kalau matahari, biasanya dilihat kalau siang atau malam? dst.



Ceritakan apa saja yang biasanya ditemui di langit ketika malam hari dan siang hari. Cerita bisa diambil dari buku atau sumber lainnya. 


Lihatlah betapa imajinasi anak sangat luas, menerbangkan pesawat melewati siang dan malam. Kebetulan rumah kami sering sekali dilewati pesawat meski dari jarak yang ngga dekat. Tapi justru menjadi aktivitas spontan yang sangat menyenangkan. Setiap kali ada suara pesawat, Rizma pasti langsung mengajak saya atau suami untuk melihat pesawat bersama-sama.


Lain waktu, saya ingin mengenalkan siang dan malam dari peraga lampu senter dan bola dunia. Masih mencari bola dunia yang bahannya bola anak-anak. Jadi bisa sekalian untuk mainan. Dapat pencerahan ada di toko mainan anak di pasar tradisional, sayang sekali pasarnya di Kalimantan sana dan kabarnya belum ada lagi. Semoga lain waktu menemukan yang mudah dan bagus ^^

post signature

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.