27 Agustus 2018

5 Tips Melawan Nafsu Belanja Online


sumber


Kalau ada pertanyaan: Siapa yang suka belanja online? Saya yakin banyak sekali moms yang mengacungkan jari. Betul?

Belanja online bukanlah hal yang terlarang, apalagi di zaman yang serba mudah ini. Banyak sekali yang terbantu dengan adanya jual beli online ini. Yang tidak boleh adalah, terlena dengan belanja online. Yakni belanja karena "keinginan" dan bukan karena "kabutuhan".

Memangnya ada yang belanja bukan karena kebutuhan? Banyak!

Mungkin seorang istri berpenghasilan yang membeli pakaian atau tas dengan alasan "belum punya warna ini" bisa masuk kategori belanja karena keinginan.

Apakah salah? Jawabannya tergantung nilai-nilai yang dianut oleh masing-masing keluarga.

Hanya karena alasan "lucu" biasanya seorang wanita mudah sekali mengklik barang lalu memasukkan ke keranjang belanja kemudian membayarnya. Ada yang menyesal setelahnya, ada juga yang tidak karena bisa diberikan untuk orang lain atau dijual kembali.

Pun ada alasan mumpung diskon, seorang wanita bisa tiba-tiba merasa butuh sesuatu yang sedang diskon padahal kenyataannya tidak membutuhkan.

Ada yang seperti ini? Cung???

Memang, selain menawarkan kemudahan, sistim jual beli online ini juga memberikan banyak mudhorot yang salah satunya adalah memicu pemborosan.

Lalu bagaimana menyiasati agar kita bisa berbelanja online hanya jika membutuhkan saja?

Saya akan berbagi tips agar tetap hemat dan hanya berbelanja bila ada kebutuhan:

Pertama, Pangkas jalan mudah menuju belanja

Bila di smartphone saya ada semua aplikasi jual beli online, dan bahkan ada notifikasi bila ada diskon, saya akan mudah sekali untuk belanja online. Yang awalnya hanya browsing review produk, berakhir dengan belanja produk karena yang ditemukan dan dibuka adalah situs jual beli online.

Ada yang seperti saya?

Menghapus aplikasi-aplikasi penunjang belanja online adalah salah satu langkah mudah untuk mengurangi nafsu belanja yang kadang tidak dapat ditahan.

Cara ini sangat membantu saya dalam memangkas anggaran berlebih untuk belanja yang tidak perlu.

Kedua, jangan berani follow dan "kepo-in" akun instagram yang menjual produk-produk favorit kita

Mungkin semua wanita suka sekali membeli blouse, tunik, gamis, khimar, sandal, sepatu, dan sebagainya. Bila kita adalah followers setia akun instagram penjual produk-produk tersebut, jangan kaget bila setiap pekan bahkan setiap dua hari sekali ada paketan datang ke rumah kita. 

Bagaimana tidak? setiap akun kita nyalakan notifikasi insta-story dan postingannya, ya jangan heran kalau kita tidak pernah ketinggalan dengan info penjualan produknya.

Biasanya akun-akun tersebut mempunyai daya tarik masing-masing. Ada yang modelnya terlalu cantik, jadwal upload-nya yang selalu ditunggu, atau bahkan sistem pre-order yang membuat calon pembelinya selalu tertarik untuk membeli produknya.

Ketiga, atur anggaran maksimal untuk belanja barang

Bila sudah ada anggaran yang jelas untuk belanja, biasanya kita akan lebih mudah mengendalikan nafsu belanja online. Atau bisa juga diatur agar bila pengeluaran bulan ini sudah membengkak karena tergoda diskon, maka bulan selanjutnya dilarang untuk belanja online.

Keempat, bacalah doa agar dilindungi dari godaan syaitan saat akan berbelanja online barang kebutuhan

Saat tiba waktu untuk berbelanja online kebutuhan yang memang harus dibeli, berdoalah agar tidak tergoda untuk membeli barang lain yang tidak dibutuhkan. Karena, situs jual beli online adalah salah satu bentuk pasar, yang mana pasar adalah tempat terburuk di dunia ini. Jadi, sudah seharusnya kita meminta perlindungan agar tidak tergoda oleh syaitan yang selalu membisikkan kita untuk boros dalam berbelanja.

Kelima, padatkan waktu kita untuk hal yang lebih bermanfaat

Sebetulnya, poin ini adalah inti dari keempat poin sebelumnya. Dengan mengisi waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat, niscaya kita tidak akan punya waktu untuk santai sekedar scrolling instagram atau situs jual beli online yang berisi barang-barang yang sebetulnya tidak kita butuhkan.

Bagaimana? mau mencoba kelima tips dari saya untuk bisa lebih hemat dalam berbelanja online?

post signature


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.