15 Juli 2019

Tips Melatih Anak Tidur dengan Lampu Padam

pict random from google

Dulu, anak-anak nggak biasa tidur dengan lampu dipadamkan. Mungkin salah kami orang tuanya yang nggak membiasakan mereka tidur dalam kondisi gelap sejak bayi.

Alhamdulillah sekarang kalau mereka sedang tidur lampu selalu padam atau redup. Bahkan kalau lampu tiba-tiba dinyalakan mereka otomatis protes "Jangan dinyalaiiin!" meski mata masih terpejam.

Kok bisa?


Awalnya memang sulit sekali mengajak mereka tidur dengan lampu dipadamkan. Jangankan dipadamkan, diganti dengan lampu redup saja mereka protes. Lalu kami menyiasati dengan berbagai macam cara.

Apa saja cara itu?

Pertama, dengan berkisah kebiasaan Rosululloh SAW saat akan tidur. Salah satu dari diantara kebiasaan Beliau adalah dipadamkannya lampu (saya sederhanakan saja pakai lampu ya). Apa cara ini langsung berhasil membuat mereka mau tidur dengan lampu padam? Tidak langsung, harus diulang-ulang kisahnya. Jadi, jangan sampai bosan berkisah :)

Kedua, dengan mengajak mereka bernyanyi tentang gelap. Saya meminjam lagunya Tasya dan Sheila On7 "Jangan takut akan gelap". Dari sini kami belajar bahwa gelap itu nggak apa-apa kok. Alhamdulillah dengan berulang-ulang memahami pesan dari nyanyian ini, pelan-pelan mereka mau bila lampu diganti dengan yang redup ketika akan tidur.

Ketiga, tak bosan sounding ke mereka bahwa bila lampu dipadamkan, kami tetap ada di dekat mereka. Kami nggak akan meninggalkan mereka, dan nggak akan terjadi sesuatu apa pun. Sambil sounding ini kami juga tetap mengajak mereka berdoa sebelum tidur, meminta perlindungan dari Alloh SWT.

Keempat, mengajak mereka bermain dalam kegelapan. Yang kami lakukan itu permainan seperti petak umpet, tapi sekadar mencari "Hanum dimana ya?" Simpel, namun membuat mereka yakin bahwa dalam gelap -yang nggak hakiki- mereka masih bisa melihat sekitar, apalagi kalau hanya lampu redup.

Terakhir, saat kami padamkan lampu kamar, lampu di luar tetap menyala dalam keadaan redup. Jadi, di kamar masih ada cahaya sedikit dari luar kamar melalui lubang angin di atas pintu kamar. Dengan begini, mereka merasa aman dan nyaman.

Alhamdulillah dengan cara-cara ini sekarang anak-anak terbiasa tidur dengan lampu padam seperti saya jelaskan pada poin terakhir di atas.

Kalau buibu, ada cara lain? 


1 komentar:

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.