19 November 2015

Mengembangkan Pre-scissor Skill

Pagi ini, saya melihat ada catatan di notes komputer yang mana itu adalah catatan terjemahan sebuah blog luar (baca: bahasa Inggris) tentang aktivitas untuk mengembangkan pre-scissor skill. Tapi sayang sekali di notes-nya saya ngga mencatat sumbernya. Alasan klasik, browsing di waktu senggang di sela-sela pekerjaan. Jadilah belum sempat di share di blog, udah kadaluarsa dan baru nemu saat mengecek notes lagi. Pelajaran yang bisa diambil adalah, kalau menulis do notes, segera cantumkan sumber tulisan. Jadi kalau mau di share begini sudah tertera sumbernya. Huhu...

Baiklah, dari catatan saya, ada beberapa aktivitas untuk mengembangkan kemampuan sikecil sebelum memulai menggunting. Jadi, saatnya menggunting nanti sudah lancar karena sudah terbiasa dengan aktivitas-aktivitas ini. Berikut beberapa aktivitas yang disebutkan di web sumber (nanti saya cari lagi sumbernya)
  1. aktivitas yg membutuhkan gerak badan bagian atas seperti mengambil benda dari tempat yang tinggi atau benda di kolong;
  2. aktivitas yang membutuhkan gerak torso (bagian tubuh diatas pusar) seperti panjat dinding, tarik tambang, dsb;
  3. bermain dengan kertas: merobek, membuat bola kecil dari tisu, dsb;
  4. memasang tali sepatu atau menjahit dengan tangan ;
  5. bermain dengan clay (tekstur seperti lumpur);
  6. aktivitas dengan punch/ pembolong kertas;
  7. aktivitas dengan tweezer/ tong/ capitan;
  8. meronce makaroni atau beads (manik-manik);
  9. bermain puzzle;
  10. aktivitas dengan clothes pin/ jepit jemuran.
update: sumber


Wah, ternyata ngga terlalu rumit ya aktivitasnya, tapi bermanfaat sekali. Aktivitas-aktivitas ini akan mengasah fine motor skill sikecil sekaligus melatih motorik halus dan kasarnya.

Tipe anak memang berbeda-beda, ada yang cenderung lebih suka aktivitas yang berbau motorik halus, ada juga yang lebih suka yang berbau motorik halus. Dua-duanya tentu ngga ada yang salah. Tinggal bagaimana kita sebagai ibu memberikan beragam aktivitas untuk menstimulasi kemampuan sikecil, baik dari segi motorik halus maupun kasar.

post signature

2 komentar:

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.