14 Desember 2015

[Review Buku Anak] Sains Fiksi Balita

Judul Buku   : Sains Fiksi Balita
Penulis         : Bambang Joko Susilo
Penerbit       : Bestari Kids

diambil dari google

Sudah lama ingin mereview buku-buku yang Rizma punya. Satu per satu dibuat draftnya biar ngga kelupaan. Selain buku-buku tentang Alqur'an atau nabi-nabi, Rizma juga punya buku lain seperti tentang sains. Buku yang berjudul "Sains Fiksi Balita" ini menarik sekali. Membuat anak-anak tertarik dan penasaran dengan kelanjutan cerita di halaman berikutnya.

Sains fiksi balita ini terdiri dari dua buku; buku 1 dan 2.
Buku 1 berisi 5 judul di dalamnya: "Akulah Air"; "Akulah Hujan"; "Akulah Salju"; "Akulah Api";dan "Akulah Angin."

Bahasa yang digunakan mudah sekali dicerna, menggunakan kata ganti orang pertama. Ilustrasi di dalamnya begitu menarik, dan tulisannya ngga terlalu banyak. Cocok untuk anak-anak dibawah lima tahun, bahkan di bawah tiga tahun.

Dari buku inilah Rizma mempraktikkan bagaimana angin itu ada, bagaimana persiapan saat salju akan turun, apa saja warna api, dan dimana dapat ditemui kelima unsur yang ada di masing-masing judul.

Pernah suatu hari saat kami hendak bepergian, Rizma mengenakan sepatu sendiri seperti biasanya dan ngga mau dibantu. Saya lihat ada kerikil di dalam sepatunya, segera saya pinjam sepatunya dan berkata "Rizma, sepatunya ada kerikilnya. Bunda buang dulu ya?"
Kemudian dia memberikan sepatunya sembari menjawab, "Oh, yang ada di salju itu ya?"

Jadi, pernah tema tentang salju menjadi faforitnya, tapi itu sudah sangat lama. Dan baru hari itu ia menunjukkan bahwa ia sudah mengenal kerikil. Sebelumnya ngga pernah bertanya ataupun menyinggung soal kerikil. Jadi di dalam judul "Akulah Salju" ada persiapan ketika salju akan turun. Yakni menebar kerikil agar menambah daya cengkram kendaraan di jalanan. Karena ilustrasinya jelas dan sesuai narasinya, buku ini membuat anak-anak mudah mengingatnya.

diambil dari google
Sama seperti buku 1, buku 2 juga berisi 5 judul di dalamnya: "Akulah Besi"; "Akulah Kayu"; "Akulah Listrik"; "Akulah Bunyi";dan "Akulah Cahaya."

Di dalamnya ada beberapa percobaan sains. Misalnya pengenalan listrik dengan menggunakan robekan kertas dan penggaris yang bisa langsung dipraktikkan bersama sikecil. Teori disertai praktik biasanya akan lebih membekas di ingatan. 

Dari buku 2 ini Rizma jadi tahu bahwa pintu, jendela, lemari, meja, dan kursi di rumahnya dibuat dari kayu. Dan tahu bagaimana buyi kayu bila diketuk.

Tentang cahaya, saya mengenalkannya pada cahaya melalui senter dan tentunya dengan mematikan lampu. Alhamdulillah Rizma ngga takut dengan bayangannya. Karena ternyata ada anak kecil yang sangat takut bila ada bayangan dirinya yang lebih besar darinya. Dari percobaan sederhana ini, selalu bila melihat cahaya di mana pun berasa, Rizma berteriak "bunda, cahaya, cahaya, lihat itu cahaya."


Secara keseluruhan, buku ini saya rekomendasikan untuk ibu-ibu yang sedang mencari buku untuk dibacakan ke anak-anaknya (atau untuk dibaca anak-anak).

Terima kasih pak Bambang Joko Susilo atas karya yang luar biasa ini :)

post signature

2 komentar:

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.