11 Mei 2016

5 Tips Memulai Bisnis (Sampingan) Online



Beberapa waktu yang lalu saya diminta sharing di suatu grup tentang usaha online yang saya miliki. Usaha sampingan ya maksud saya. Bagaimana memulainya, bagaimana tipsnya, dan sebagainya.

Nah, kali ini akan saya tulis ulang di sini. Semoga dapat bermanfaat untuk para pemula (meski saya juga tergolong pemula) terutama ibu-ibu yang ingin membuka usaha sampingan berbasis online.

Seperti yang saya ceritakan di sini, bahwa awal mula saya berbisnis online adalah karena kegemaran saya mencari ide bermain dan membuat sendiri mainan untuk Rizma. Dari sanalah terbuka jalan untuk memulai bisnis online. 

Meski awalnya ngga yakin akan berjalan bisnisnya, tapi dengan niat yang kuat disertai usaha dan doa, akhirnya saya beranikan diri berbisnis online yakni dengan berjualan mainan edukasi secara online.
Saya sebetulnya orang yang kurang pandai menawarkan barang, alasannya: malu. Iya malu, padahal untuk berjualan istilahnya harus jadi tukang jamu (dalam bahasa jawa maksudnya harus banyak omong) agar banyak pembeli yang tertarik. Terus gimana dong kalau saya malu menawarkan mainan yang saya jual? Kalau memikirkan itu, mungkin saya ngga akan memulai usaha saya ini.

Beberapa tips yang bisa saya bagi disini khususnya bagi ibu-ibu yang ingin memiliki usaha sampingan adalah sebagai berikut:
  • Bukalah usaha di bidang yang diminati/disukai. 
Saya misalnya ngga begitu mengikuti perkembangan dunia fashion, lalu saya membuka usaha fashion online. Saya yakin saya ngga akan bertahan lama karena pusing memikirkan hal yang kurang saya minati. Jadi, karena saya suka dengan berbagai mainan edukasi yang dapat dibuat sendiri (Do It Yourself Toys - DIY Toys), saya beranikan diri membuka usaha sampingan di bidang mainan edukasi anak.
  • Pastikan mendapatkan ridho suami (bagi para istri ya maksudnya).
Salah satu poin penting yang terkadang terlupakan. Khususnya bagi para istri, baik yang bekerja di luar rumah maupun bekerja sebagai ibu rumah tangga di rumah, ini hal yang sangat vital menurut saya. Percuma dong berjualan di bidang yang disukai, tetapi suami gondok dengan usaha kita karena merasa kurang cocok dengan kita lah, merasa -ngapain sih jualan?- dsb. Jadi, yang utama adalah meminta ridho suami dengan memastikan beliau mengijinkan kita membuka usaha online. Insya Alloh akan dimudahkan jalannya jika suami sudah ridho.
  • Jika sudah jalan, buka cabang di media lain.
Misalnya, saya yang memulai bisnis online di instagram, membuka juga di media jual beli online lain seperti tokopedia misalnya. Jadi, calon pembeli ngga terbatas pada pengguna instagram, tetapi juga bagi calon pembeli lain yangberasal dari mana saja yang menemukan toko online kita.
  • Jangan lupa sedekah.
Poin penting juga. Jika misalnya keuntungan kita anggap sejumlah A, maka ngga ada salahnya menyedekahkan 60% A misalnya kepada orang-orang yang membutuhkan. Masalah sedekah ini ngga perlu saya bahas lebih jauh ya, intinya saya mau menyampaikan bahwa sedekah itu sebagai tanda berterima kasih kepada Alloh SWT yang telah memudahkan kita berbisnis online. Insya Alloh rejeki kita ngga akan berkurang. Toh rejeki ngga hanya uang kan? Bisa mobil, rumah emas batangan, anak sehat, suami banyak rejeki tak terduga, dll. Hahaha, maaf untuk contoh-contohnya :D
  • Utamakan pekerjaan utama Anda.
Jika saya adalah buruh negara, maka pekerjaan di kantor adalah utama. Jadi misalnya, membalas chat dari calon pembeli, akan saya lakukan jika senggang/pekerjaan sudah selesai. Pun sebagai hamba Alloh, seharusnya usaha sampingan ini ngga mengganggu ibadah kita kepadaNya. Misalnya, dengan berjualan online, jadi sibuk mengurus jualan dan lupa sama sekali dengan tilawah, sholatnya ngga tepat waktu, dsb. Aduh, semoga ngga sampai kejadian yah. Apalagi sholat, kan ada di kalimat yang dikumandangkan saat adzan: Hayya 'alal falaaaaaah yang artinya Marilah menuju kemenangan/ kesuksesan. Nah kalau kita ngga segera menyambut panggilan itu dengan segera, apakah yakin kalau rejeki kita akan segera datang kepada kita?

Kira-kira sekian tips memulai bisnis (sampingan) online dari saya. Yang belum tahu saya punya bisnis online, yuk diintip di @kelontong_elok ^^ sekalian follow dan beli juga boleh. Hehehe...
Punya bisnis online juga? Boleh lho kalau mau menambahkan tips-tipsnya. Saya mah apa atuh, masih tergolong pemula. Apalagi disambi kuliah, kerja, dan menjadi ibu+istri. jadi amat sangat tergantung dengan tingkat kesibukan saya. Lebih sering slow-nya malah. Karena dikit-dikit ada tugas, tau-tau ujian, dst, haha..... Doakan semoga segera lulus yah kuliahnya, jadi bisa fokus lagi jualan online-nya. Terima kasih :)

post signature

10 komentar:

  1. nah aku punya bisnins online tapi ya gitu deh gak jalan2 hehehe keasyukan ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... iya mba lidya, kl lihat blogger2 sepertinya aktivitasnya sdh padat sih ya. kudu pakai asisten kl mau bisnis online :)

      Hapus
  2. Aku juga ada bisnis online, tapi lebih enak ngeblog sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... perlu asisten mungkin ya kl blogger ^^

      Hapus
  3. Balasan
    1. terima kasih, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  4. aku ada toko online tapi isinya barang-barang preloved gitu sih mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak juga sih mba yg buka toko preloved gitu. sebetulnya pengen jg, tp malas foto2nya mending bungkus aja. haha

      Hapus
  5. dari dulu... pengen punya bisnis online, tapi belum kesampean aja hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuuk mba coba dimulai kalau memang masih pengen. Hehe..

      Hapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.