17 November 2015

Our Solar System

Berawal dari buku ensiklopedia Luar Angkasa, Rizma kami kenalkan nama-nama planet. Dari nama-nama planet juga lah Rizma tahu dimana letak Indonesia, yaitu di planet bumi. Setelah Rizma mengenal Indonesia, sekarang Rizma berkenalan dengan planet dimana Indonesia berada dan juga planet-planet lain dalam sistem tata surya (solar system). 

Beberapa hari setelah berkenalan dengan planet-planet, saya dikejutkan dengan pemahaman Rizma
tentang planet-planet tersebut. Saat itu Rizma menemukan bole bekel (mungkin salah satu barang dagangan saya yang saya sisihkan untuk mainan Rizma) dan langsung girang memperlihatkan kepada saya:
"Bunda liat, ini planet."
waaaah, apa yah namanya? Lalu saya mengeja dari Mer--- dan dilanjutkan olehnya
"kuyius, venus, bumi, mas, yupite(r), nus, nus, nus..."
Subhanalloh, anak kecil benar-benar seperti spons sabun, menyerap apa saja yang kita beri tahu padanya. Jadi, jangan sampai bosan ya mengenalkan ciptaan-ciptaan Alloh yag sungguh luar biasa. Setiap mengenalkan sesuatu, sebisa mungkin saya hubungkan dengan Alloh, bahwa planet yang menciptakan Alloh, hebat ya Alloh itu. Rizma juga yang menciptakan Alloh, dan seterusnya, dan seterusnya. 

Dari buku ensiklopedia ini Rizma juga mengenal lebih detail bulan dan matahari yang setiap hari ia lihat bersama saya ataupun papahnya. Saya kemudian terinspirasi dari para mama yang membuat DIY Solar System (tata surya). 

Bahan-bahan:

  • kertas karton hitam
  • print-out solar system, saya dapat dari sini
  • gunting
  • double tape
  • pulpen silver untuk menggambar garis edar planet (saya pakai pensil warna putih)
Saya bagian mencetak planet-planet, mengguntingnya, dan saya tempelkan double tape di bagian belakangnya. Rizma bagian melepas double tape dan menempelkan planet-planet di garis edarnya. 



Rizma suka sekali dengan kegiatan ini. Selanjutnya, saya ambilkan printable bagian-bagian tata surya dari indonesiamontessori.com, rizma mencocokkan setiap planet sesuai dengan letaknya dalam tata surya.

Saya tunjukkan planet-planetnya beserta nama masing-masing. Pas ditunjukkan bumi, saya jelaskan ini adalah planet tempat Rizma tinggal. Kemudian saya bertanya padanya
"Apa namanya?"
dijawab dengan lantang "Indonesia"
hahaha...
"Betul, Indonesia ada di Bumi, nak"
 Lain waktu ingin saya kenalkan Rizma dengan bola dunia. Bahwa ciptaan Alloh itu luar biasa, Subhanalloh...

2 komentar:

  1. Wah diprint lbh bagus ya..saya pernahnya gambar sdri. Ternyta kl diprint lbh oke ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda, lebih tajam warnanya :)
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.