09 November 2015

Mengenal Indonesia

Mengenalkan negara tercinta kepada anak tidak harus menunggu anak sekolah. Rizma sendiri mulai mengenal Indonesia dari lagu-lagu nasional. Meski ngga banyak tapi setidaknya dia mengenal lagu-lagu nasional yang dinyanyikan bunda dan papahnya sewaktu kecil dulu. Yang sudah hafal dari sebelum dua tahun sih Ibu kita kartini, sama Bendera merah putih. Setelah lagu-lagu, Rizma berkenalan dengan bendera Indonesia pas musim 17an yang lalu. Setiap jalan-jalan selalu menyebut "bendea meyah putih" ketika menemui bendera berkibar di sepanjang jalan.

Nah, saya sebetulnya iri dengan ibu-ibu yang sudah mengenalkan peta Indonesia, cerita rakyat
nusantara, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Indonesia. Saya mau beli globe saja sampai sekarang belum jadi. Mau beli peta Indonesia juga belum, saya pikir kalau untuk seusia Rizma bisa pakai printable saja, yang penting mengenalkan. 

Beberapa hari lalu saya menyiapkan printable pulau-pulau besar di Indonesia untuk Rizma. Alhamdulillah sekarang sudah ada printer. Lebih happy punya printer ketimbang punya tas wanita ^^
Awalnya belum digunting, dan Rizma tahu kalau itu 'mainan' dia. Ngga sabar pengin nggunting-menggunting akhirnya keesokan harinya saya gunting saat Rizma terlelap. Printeble pun siap dimainkan.


Awalnya Rizma dikenalkan dengan pulau Jawa dulu sama papahnya. Ditunjukkan titik dimana Rizma tinggal, rumah yangtinya, rumah sepupu-sepupunya. Dari situ saja sudah penasaran menanyakan lokasi rumah saudara yang lain. Ah, anak-anak memang rasa ingin belajarnya tinggi.

Selain printable per pulau saya juga menyiapkan peta Indonesia utuh dengan warna sama dengan printable pulau-pulaunya. langsung mengenalkan "ini Indonesia". Kemudian bermain puzzle, mencocokkan pulau yang sesuai dan juga mencocokkan nama pulaunya. Pertama kali ngga sampai selesai sudah berlaih ke mainan lain. Kali kedua alhamdulillah selesai, bahkan duluan mencocokkan nama pulaunya ketimbang gambar pulaunya.

Beberapa hari setelah bermain printable ini, Rizma tiba-tiba berteriak "Indonesia" saat menonton acara TV yang sekilas memperlihatkan peta Indonesia. Subhanalloh... bagaimana jika mengenalkan Indonesia lebih jauh ya?

Yuk, kenalkan sikecil dengan negara tercinta ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.