09 November 2018

[Montessori Inspired] Belajar Mengenal Daratan dan Lautan

DIY lautan dan daratan montessori

Bimillah, hari ini saya akan sharing stimulasi kecerdasan intelektual (Intellectual Quotient). Alhamdulillah saya semakin semangat untuk konsisten menyiapkan kegiatan anak-anak selama di
rumah.

Kemarin, saya saya membuat DIY land and water (montessori inspired) untuk mengenalkan konsep daratan dan lautan kepada Rizma. Bahan-bahannya menggunakan yang ada di rumah yautu kain flanel dan artfoam biru. Bisa juga diganti dengan impraboard biru dan artfoam coklat.

Cara Membuat:

  1. Potong artfoam biru berbentuk persegi panjang (ukuran disarankan 19*16 cm, tapi boleh disesuaikan dengan bahan yang ada)
  2. Buat masing-masing pola daratan dan lautan di kain flanel, kemudian gunting. Saya meniru pola dari web Mbak Dina.
  3. Tempel pola pada nomor 2 di artfoam yang sudah dipotong persegi panjang (poin 1)
  4. Untuk namanya, saya tempel kertas putih yang sudah ditulis manual.

Tujuan Kegiatan ini:
Secara langsung untuk mengenalkan berbagai bentuk permukaan bumi dan memberitahu anak tentang keberadaan bentuk-bentuk itu di alam ini.
Sedangkan tujuan tidak langsungnya adalah untuk mengenalkan pada geografi, memberi pengetahuan baru, dan menambah kosa kata (danau, pulau, kepulauan, tanah genting, dll)
(sumber: raisingmontessorian.com)

Malamnya, karena adek masih menyusu dan Rizma sudah siap dengan kegiatannya, jadi papah mengambil alih tugas menemani Rizma belajar tentang pulau, danau, kepulauan, dan sebagainya. Alhamdulillah, dengan belajar secara menyenangkan ini, Rizma juga jadi tahu tentang bumi salah satu ciptaan Alloh tempat kami tinggal.

Rizma juga berkenalan dengan pulau-pulau di Indonesia. Menyenangkan sekali!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.