21 November 2018

Cerita Kami Melunasi Utang

 H , pict random from google

"Barang siapa berhutang dan ia berniat melunasinya, maka Alloh akan memudahkan baginya melunasi utang tersebut di dunia." (H.R. Ibn Majah)


Assalamualaikum...

Beberapa waktu lalu saya dapat pelajaran bab utang ini di pengajian rutin kamis pagi. Saat itu saya langsung 'ngeh' (baca: sadar), kenapa ada orang yang utang dan kabur kalau disapa, sampai-sampai gonta-ganti nomer, ternyata doi utangnya banyak dan nggak ada satu pun yang dilunasi. Astaghfirulloh,..

Kenapa? Seperti dalam hadits di awal tulisan ini. Karena Alloh sudah menjamin orang-orang yang berniat melunasi utangnya (tentunya dengan berusaha) maka akan diberi kemudahan rezeki. Begitu juga sebaliknya. Kalau dari awal saja nggak ada niat untuk melunasi, ndilalah yaaa... nggak bisa melunasi dan utang pun bertambah dimana-mana.

Na'udzubillah...

Semoga bila memang kita terpaksa harus utang, kita termasuk golongan yang berniat kuat melunasinya sehingga Alloh mudahkan rezeki kita untuk melunasinya sesegera mungkin. Aamiiin

Ini sudah saya dan suami buktikan, bahkan utang yang nilainya nggak sedikit, selama ada niat, do'a, dan ikhtiar yang kuat untuk melunasinya, Alloh pasti akan memberi rezeki terus dari arah yg nggak disangka-sangka untuk segera melunasinya. Kami meyakini itu, dan Alhamdulillah lunas satu per satu.

Pertama, kami punya utang untuk DePe rumah. 
Hah? DePe aja utang? 
Iya, saking mulai dari 0 dan waktu itu kami belum tahu perihal riba, yang saya tau riba itu dosa untuk krediturnya, dan nggak dosa untuk debitur. 
Astaghfirulloh, semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kami.

Setelah tahu tentang riba, kami memohon ampun dan berdoa serta berusaha untuk sesegera mungkin melunasinya. Kami hidup dengan gaya hidup yang sama, apapun yang terjadi, kami juga menambah jumlah uang tabungan setiap bulan, memperbanyak sedekah dan meminta doa dari orang tua kami. Alhamdulillah, beberapa waktu kemudian, Alloh lunaskan utang DePe rumah yang seharusnya bisa saja lunas selama 8 tahun kalau kami mau. 

Waktu itu kami memang sangat ingin terbebas dari utang meski kalau diitung pakai kalkulator  manusia rasanya nggak mungkin bisa segera lunas.
Tapi kalkulator Alloh beda πŸ’•

Kedua, utang cicilan rumah. setelah utang untuk DePe rumah lunas, keinginan kami selanjutnya adalah melunasi cicilan rumah sesegera mungkin. Memang bank yang kami gunakan untuk cicilan rumah adalah bank syariah, tapi rasanya kami ingin segera bebas dari utang kalau bisa diusahakan. Siapa tahu besok pagi kami mati dan masih ada utang, na'udzubillah...

Lagi, kami menjalani gaya hidup yang sewajarnya, meminta doa orang tua, memperbanyak sedekah, dan lebih banyak menabung untuk melunasi cicilan yang sebenarnya bisa dilunasi dalam jangka waktu 15 tahun . Kami terus melangitkan do'a agar dilunaskan utang kami. Aalhamdulillah lagi, dalam tahun ke-6 utang cicilan rumah sudah lunas.

Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?

Alloh Maha Baik, Alloh Maha pengabul do'a, dan Alloh Maha memenuhi kebutuhan hamba-hambaNya.

Asal kita yakin bahwa Alloh akan menolong kita yang punya niat kuat untuk melunasi utang, in Sya Alloh dimudahkan jalannya, lewat mana pun!

Terakhir, kalau memang berniat melunasi utang, jangan lupa untuk lebih banyak sedekahnya πŸ’—πŸ’—πŸ’—
In sya Alloh bukan malah berkurang harta kita untuk melunasi utang bila lebih banyak sedekahnya. Malah sebaliknya, Alloh ganti dengan yang lebih baik dari arah yang nggak disangka.
Ajaib memang kalkulator Alloh ...

***

Perihal catat mencatat untuk utang piutang. Mungkin banyak yang berprasangka kepada orang yang selalu mencatat utang piutangnya, seberapa rupiah pun dicatat: ih utang seribu aja dicatet, dll. Padahal dalam Q.S Albaqarah ayat 282 ada penjelasan tentang ini. Apalagi buat yg pelupa seperti saya, catatan ini sangat membantu. Ternyata Alloh sudah mengatur sedemikian rupa di Alquran.

Masya AllohπŸ’—

Jadi, yang masih ada piutang ke saya tolong japri saya yaaa...😁

Dan yang masih punya utang, semoga Alloh mudahkan dan segerakan untuk melunasinya ya.
Aamiiin...


Wassalamualaikum...
_BundaRizmaHanum_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.