25 Juni 2013

Manajemen ASIP Ibu Bekerja

Ketika ibu sudah kembali bekerja, maka asi yang diminum bayi selama ditinggal bekerja berupa asi perah (ASIP). Bagaimana manajemennya? 
  1. (di kantor) setiap selesai memerah, ASIP dalam botol dimasukkan ke kulkas bagian bawah. Ingat, setiap botol diberi tanggal hari memerah)
  2. (di kantor) ketika jam kerja selesai, masukkan ASIP dingin ke dalam cooler bag.
  3. (di rumah) pindahkan ASIP dalam cooler bag ke dalam kulkas
Dari hasil sharing sama temen dan baca sana sini, bunda simpulkan ada 3 metode manajemen ASIP:
  • Full Fresh - semua ASIP yang diminum adalah hasil perahan di kantor pada hari sebelumnya. Misalnya, hari ini ibu mendapat 5 botol ASIP di kantor (misalnya kebutuhan bayi ibu adalah 5 botol) , maka 5 botol itulah yang akan diminum bayi keesokan harinya. Artinya, sampai di rumah, ASIP dipindahkan dari cooler bag kedalam kulkas bagian bawah. Tanpa menurunkan ASIP yang sudah beku (yang ditabung pada hari-hari sebelum ibu bekerja). Jadi, ASIP beku di freezer hanya sebagai stok kalau2 ASIP fresh yang dibawa dari kantor kurang dari kebutuhan bayi per hari (selama ditinggal bekerja).
  • Full Beku - semua ASIP yang diminum adalah ASIP beku dari freezer, hasil menabung saat cuti. Misalnya, hari ini ibu mendapat 5 botol ASIP dikantor. Ssmpai di rumah, ibu langsung memindahkan ASIP dari cooler bag ke dalam freezer. Kemudian menurunkan 5 botol ASIP beku dari freezer ke kulkas bagian bawah untuk diminum esok hari. Metode ini dikenal dengan metode FIFO (kayak akuntansi aja yah...) atau first in first out.
  • Mix (fresh & beku) - ASIP yang diminum sebagian fresh dari kantor, sebagian beku dari freezer. Misalnya, hari ini ibu mendapat 5 botol ASIP di kantor. Sampai dirumah, ASIP dipindahkan ke kulkas bagian bawah, dan menurunkan 2 atau 3 botol ASIP beku dari freezer. Total 7 atau 8 botol di kulkas bawah. Letakkan ASIP beku didepan ASIP fresh, agar ASIP yang pertama kali diminum esok hari adalah ASIP beku yang mencair (karena ASIP beku yang telah mencair, tidak dapat dibekukan kembali didalam freezer, artinya jika tidak mau dibuang maka harus dihabiskan dalam 24 jam setelah semua bagian ASIP mencair). Nah besoknya (sepulang kerja), sisa ASIP yang belum diminum (bagian dari ASIP fresh dari kantor hari sebelumnya) dinaikkan ke freezer untuk dibekukan.
Masing-masing metode ada kurang lebihnya, tapi sama2 baik kok. Asalkan ibu jangan lupa memperhatikan waktu simpan ASIP. Kan daya tahannya beda2. Nah alangkah baiknya memang meminimal masa simpan. Kalau bunda pribadi pakai metode mix. Mengenai materi lengkapnya, bisa dilihat di web/twitter AyahASI dan AIMI.

Happy breastfeeding!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.