19 November 2013

Tantangan MPASI

Mpasi lagi Mpasi lagi...
Yaaaa....h salah satu tantangan dalam mpasi adalah GTM alias Gerakan Tutup Mulut. Daaaan weekend kemarin Rizma kena GTM. Ya Alloh betapa panjang perjalanan sesuap makanan masuk ke mulut mungilnya. Begitu ada sendok berisi makanan didepan mulut langsung tutup rapet mulut sambil nengok kanan nengok kiri menghindari sendok. Huahahaaaa... Dan akhirnya udah diajak jalan2 keluar rumah pun, masih tersisa makanannya. Hmm... padahal lagi program naikin berat badan karena masih banyak kurangnya diusia 8bulan ini (apalagi masih batuk). Sepertinya memang kudu lebih kreatif dalam menyusun menu mpasi untuk si kecil, mungkin dia bosen kali ya sama tim nasi+lauk+sayur. Tapi padahal kalau saya cobain enak kok rasanya. Trus aneh juga kalau disuapin pakai jari tangan (seujung jari) mau dia mangap dan makan. Trus lagi, kalau dibilang "mimi mimi mimi" mau mangap dan minum air. Dan hari ini lagi ngubek2 resep mpasi yang sekiranya lebih variatif dari biasanya.
Wish me Luck!
Oiya selain GTM, tantangan lain itu adalah susah pup (definisinya itu susah mengeluarkan pup, kalau pup
keras tapi ngluarinnya gampang itu tidak masalah). Kejadiannya waktu pulang kampung awal bulan lalu. Di kereta Rizma ngeden sekuat tenaga. Trus bunda dan yang lain (papah n yangti) udah siap2 gelar perlak, siapin tisu basah, pakaian ganti, sama pospak ganti. Buka celana Rizma, taraaa... tidak ada apa2. Kami tertawa terbahak2 bahak dong ternyata Rizma ga jadi pup. Tutup lagi deh pagelarannya. Eh, esok harinya, sama, Rizma ngeden kuat dan ga ada pup di celananya. Langsung deh saat itu juga (setelah shubuh) Rizma nangis sambil ngeden kuat dan ga ada secuil pun tanda2 pup yang keluar. Hiks kasian banget liatnya, sampe mau nangis. Karena ini kali pertama Rizma susah pup. Akhirnya bunda pijet2 punggung bagian bawah dan sama yangti disiapin babyoil buat merangsang si pup itu keluar. Rizma diposisikan tiduran dan diangkat kakinya (seperti orang mau melahirkan) trus dipijet2 deh bagian dekat an*s seraya melebarkan jalan keluar. Dan setelah beberapa waktu akhirnya pup nya keluar. Keras dan lumayan gede. Hiks, gimana engga sakit, bocah semungil itu ngluarin pup yang segitu keras n gedenya. Ok, masalah selesai. Ups, ternyata gak lama kemudian terjadi lagi tragedi itu, Rizma ngeden kuat dan ga ada pup keluar, akhirnya nangis lagi. Bunda memberanikan diri meniru apa yang dilakukan yangti sebelumnya. Alhamdulillah berhasil dikeluarkan dua biji pup keras nan gede. Huhuhu... hari itu juga dibanyakin makan pepaya deh si Rizma. Alhamdulillah kejadian itu tidak terulang lagi.
Mudah2an tidak akan pernah lagi terulang kejadian seperti itu, dengan usaha menyediakan Rizma mpasi kaya akan serat. Insya Alloh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.