11 September 2013

Catatan pribadi perkembangan bayi 0-6 bulan

Maaf sebelumnya, seperti judulnya, tulisan ini adalah catatan pribadi saya yang saya copast dari file word berjudul rizma. Isinya tentang perkembangan bayi mungil bernama Rizma dari 0 bulan sampai 6 bulan. Saya rinci per bulan mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 bulan. Catatan ini adalah pengingat untuk bunda ketika suatu saat membutuhkan informasi/perlu flashback. Tulisan ini pun ditulis ketika Rizma sudah berusia 5 bulan. 



0-1   bulan : si mungil nan cantik itu sering senyum-senyum sendiri kalau bobok, tapi kagetan banget. Trus udah bisa miring2 boboknya, bisa nenen lancar setelah kurang lebih 5 hari. Karena aku kurang mendalam belajar perASIan, ternyata menyusui bayi based on demand itu tidak berlaku untuk bayi usia 0-7 hari. Pantes lah Rizma kuning, selama sebulan lebih. Di RS selama 1.5 hari belum bisa menyusui, Rizma belum lancar menyusu, lebih sering tidur dan ASI pun masih sedikit. Hari ketiga ASI melimpah dan Rizma belum bisa menyusu dengan lancar. Alhasil waktu itu ASI ditampung di cup feeder dan diminum Rizma. Sampai bengkak PD karena jarang disusukan, sakit sekali rasanya. Baru kapan itu nyadar kalau ada pompa ASI, dipompalah ASI meskipun akhirnya harus dibuang karena
konsumsi Rizma masih sangat sedikit (yang penting ASI sering dikeluarkan untuk menjaga produksi. Usia ini Rizma udah mulai tertarik sama suara, tapi pandangannya masih sering ke kanan dan ke kiri. Tapi seneng kalau ada yang ngajak ngobrol, meskipun mungkin dalam pandangannya belum jelas siapa yang mengajak ngobrol. BB lahir 2600 gram, setelah satu bulan 3600 gram. Alhamdulillah 
 
1-2   bulan : Rizma makin berisi, nenennya udah makin banyak kayak anak laki-laki. Udah mulai tertarik dengan gerakan juga selain dengan suara. Di usia ini Rizma boyong dari Tegal ke Jakarta. Alhamdulillah gak rewel, dan pas di pring sewu di jam istirahat, Rizma seneng banget ngliatin pemandangan alam luar yang mungkin lebih beragam dari pada di dalam rumah. Rizma makin seneng diajak ngobrol, walaupun mungkin belum terlalu jelas juga pandangannya.
 
2-3   bulan : Rizma udah di Jakarta, udah bisa saling menatap dengan bunda. Bunda seneng banget, karena waktu itu bunda khawatir kok Rizma masih suka melihat ke kanan dan kekiri, gak natap mata. Ternyata setiap bayi itu unik, dan jangan samakan bayi satu dengan yang lain. Di usia ini Rizma juga udah bisa tengkurap. Tapi lucu banget kalau pas nyungsep2 ke bantal ku-ku. Bobok kadang juga tengkurap setelah beberapa menit telentang. Gendongnya udah mulai menghadap ke depan. Mulai mainan ludah dan mulai senang banget kalau ada yang lagi ngobrol meskipun bukan ke Rizma, kadang2 dibales dengan menirukan orang yang bicara: auuuwh auuuwh.
3-4 bulan : udah bisa ketawa terbahak-bahak. Waktu itu pertama kali pas dirumah budhe di Klender. Didepan rumah, Rizma gendong papah n bunda menirukan suara burung perkutut di sana sambil guyon kearah Rizma, saat itu ketawanya kenceng seperti orang gede. Bunda n papah kaget banget. Alhamdulillah... trus juga Rizma udah hobi bobok tengkurep. Dan lucunya, kakinya lebih kuat dari badan bagian atas. Jadi kayak berjalan tiarap dengan pantat lebih tinggi dari badan bagian depan. Hihihi... oiya Rizma udah bisa berenang, kakinya udah aktif waktu berenang, meskipun awalnya diem n merasa ragu untuk bergerak, tapi akhirnya ketagihan.  Gendongnya udah gak mau lagi kayak anak bayi, maunya ya madep ke depan. Mulai ngeces2 n tetep mainan ludah. Ketawa geli kalau ada yang ngobrol heboh, dikiranya ngajak Rizma ngoobrol n disautin dengan tawa dan tiruan suara. Mulai tertarik dengan benda yang diarahkan padanya dan berusaha meraih. Udah mulai masukin jari-jari tangan kedalam mulut.

  


4-5 bulan : Rizma udah makin kuat kepalanya. Makin seneng kalau diajak ngobrol. Dan ada keahlian baru, menjerit. Auuuwh2 nya udah makin terganti dengan jeritan. Jadi sukanya ambil suara dulu sebelum menjerit, trus kalau udah dapet yang pas, baru deh menjerit sekeras-kerasnya.  Mulai seneng ngliatin orang makan. Memperhatikan dengan saksama dan berusaha meraihnya. Playgym juga udah mulai ditarik-tarik sampai bunyi. Udah hobi masukin jari tangan kedalam mulut. Mulai mainan kaki. Mulai tidak bisa diam kalau dipakaikan baju, hampir nangis disetiap bunda pinjem tangannya untuk dimasukkan ke lengan baju. Oiya, lidahnya suka menekan gusi, kayak mau tumbuh gigi gitu.


5-6 bulan : pas usia 5 bulan diajak pulang kampung ke Ponorogo, dan disana makin ahli menjerit. Bahkan jeritannya jadi andalan kalau gak ada yang nggendong n Rizma udahm ulai capek di kasur. Disana soalnya seneng banget yangkung n yangti kedatangan cucu pertama kesayangannya, jadi bunda seringnya dapet jatah nenenin n kelonan aja.  Kalau udah capek dikasur, Rizma mengangkat perutnya berkali-kali memberi sinyal kalau Rizma maunya digendong. Alhamdulillah di Jakarta udah bisa dikurangi kebiasaan gendongnya. Dan hari pertama bunda kerja rizma bingung dot. Sampai siang blong belum mimik susu. Gimana gak cemas? Alhamdulillah siang mau mimik karena memang sudah terlalu lapar. Makin sering menekan gusi dengan lidah, gatel kali gusinya mau numbuh gigi. Oiya Rizma udahmulai kuat tangannya. Jadi bisa angkat lutut sekaligus tangan n kepala seperti posisi mau merangkak. Cuma masih goyang2 aja ke belakang n kedepan. Istilahnya ongkong2. Sesekali pantatnya turun duluan seperti orang mau duduk. Udah hobi mainan kaki sendiri sambil ngoceh dengan bahasa bayi.



Mudah-mudahan tidak ada perkembangan yang terlewat untuk ditulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.