24 Maret 2015

Trial Class Rumah Cikal Bintaro

Sudah lama rasanya ngga nulis. Jadi bingung mau mulai dari mana. Mau sharing aktivitas rizma aja deh, simpel. Weekend kemarin rizma berkesempatan mengikuti kelas trial Rumah Cikal Bintaro. Senang deh karena free *lol* Bukan, bukan mau sekolah, cuma ikutan trial aja karena bundanya penasaran kayak gimana sih kalau anak seumuran Rizma sekolah? okey, akan saya review di sini. 

Trial kemarin ada kelas kakak-kakak (2-3 tahun), pre-kindy (3 tahun ke atas), satunya lagi lupa namanya yang untuk 1-2 tahun. Rizma sendiri ikut kelas kakak-kakak karena baru aja 2 tahun. Kelas kakak-kakak kemarin dibagi dua sesi. ada sesi pertama di jam delapan pagi sampai sepuluh pagi, dan sesi kedua di jam sepuluh pagi sampai jam dua belas siang. Rizma ikut sesi pertama, dan sampai sana baru dimulai lebih dari setengah jam jadwal awal karena menunggu kehadiran peserta trial yang lain. Pertama-tama, peserta bebas
bermain apa saja di ruang kelas, tujuannya untuk adaptasi. Rizma sendiri mengeksplor mainan dan buku yang ada di kelas, biasa, anak kecil rasa penasarannya tinggi. Kemudian setelah kurang lebih sepuluh peserta datang, kelas dimulai dengan membentuk lingkaran, berdoa, dan berkenalan serta salam sapa dari dua tante cantik dari Rumah Cikal Bintaro (panggilan untuk gurunya memakai 'tante' karena diibaratkan mereka teman dari orang tua anak, sehingga lebih akrab dipanggil tante). Oh iya, perkenalannya menggunakan lagu dan bahasanya Inggris.


Setelah perkenalan, kelas dilanjutkan dengan bernyanyi, bercerita, dan membuat karya. Karya pertama bagi anak-anak kelas trial kakak-kakak kemarin adalah membuat teman baru yaitu kucing/anjing/kelinci dari bahan-bahan yang ada.
Bahan-bahan: Piringan kertas yang sudah bergambar bagian mulut ketiga hewan, lem, sedotan wiggle eyes besar, potongan kertas warna warni yang sudah dibentuk menjadi kumis, hidung, dan telinga.
Nah, anak-anak tinggal berkreasi dengan bahan-bahan yang ada untuk membuat teman baru mereka, Rizma kebagian kelinci, yeay Rizma punya teman baru: kelinci. Tentunya bagian ini dibantu dengan bundanya yah, hehe... 

Terakhir, kelas ditutup dengan kembali membuat lingkaran dan kembali berdoa untuk menutup kelas. Setelah itu, anak-anak dibawa ke ruang makan untuk menikmati snack yang dibawa masing-masing anak dari rumah. Oh iya, sebelum makan, anak-anak dipandu cuci tangan terlebih dahulu, alhamdulillah yang ini kan udh biasa dilakukan dirumah. Kemudian menunggu semua anak kumpul baru deh makan snack bersama, tapi kemarin Rizma berhasil membuka wadah snacknya dan makan sebelum semua anak kumpul (hihi, mungkin kelaperan). Overall, kelasnya menyenangkan, Rizma sendiri lebih banyak mengamati mainan dari pada berkenalan dengan teman baru (lebih menarik mainan mungkin). Tapi pinternya, saya tinggal dan amati dari luar kelas, Rizma ngga nangis seperti beberapa peserta trial lain. Mungkin karena di dalam kelas banyak mainan. Tapi lama-lama nyari bundanya juga dan saya temani sampai akhir kelas.
Untuk brosurnya, saya lupa ambil *padahal paling penting ya, nanti saya mintakan ke teman biar berbagi info untuk yang sedang mencari referensi sekolah untuk anak. 

Oh iya, saya mau berbagi tips jika anak akan mengikuti kelas trial:
  • Siapkan pakaian ganti, diaper (jika masih memakai), baiknya memakai pakaian berbahan kaos agar lebih mudah menyerap keringat.
  • Pilih waktu diluar jam tidur anak, sehingga mood anak bagus.
  • Bawa minuman dan susu kotak serta snack yang simple
  • Jangan lupa pakaikan kaos kaki pada anak (sama lah kayak kl ke arena bermain)
Oke, sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat. Foto menyusul insya Alloh

post signature

2 komentar:

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.