20 Desember 2019

Keterampilan Apa yang Ingin Dikuasai?


Alhamdulillah, perkuliahan Bunda Cekatan sudah memasuki pekan kedua. Setelah pekan lalu
mengidentifikasi mau fokus dan menaikkan jam terbang di bidang apa, pekan ini kembali belajar tentang keterampilan apa yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas yang telah dipilih dalam telur hijau.
Nah, sebenarnya 5 aktivitas yang sudah saya pilih adalah:
MEMBERSAMAI ANAK
BERES-BERES
BERBAGI LEWAT TULISAN
MELAKUKAN AKTIVITAS SOSIAL
OLAH RAGA

Tapi, setelah ditimbang kembali, olah raga saya gantikan dengan MEMASAK. Kenapa? Karena bagi saya, memasak lebih perlu ditingkatkan jam terbangnya ketimbang olahraga. Bukan berarti aktivitas olahraga dihilangkan, tetap dilakukan namun nggak perlu dinaikkan jam terbangnya secara khusus. Paling nggak, diperbaiki aja jadwal dan kesesuaiannya dengan kebutuhan tubuh sepert yang pernah saya dapatkan ilmunya dari Mak Reni, Muslimah Personal Trainer.

Nah, memasak juga termasuk hal yang akan mendukung tujuan olahraga yaitu mempunyai tubuh yang sehat. Jadi, pengennya nih ya Alloh 2020 udah nggak catering makan siang lagi. Ya kalau masih perlu, seenggaknya dalam seminggu, separuhnya adalah kegiatan saya memasak. Doakan ya!?

Nah, lanjut ke pekan II Buncek. Setelah merenung, memikirkan, membayangkan, dan belajar dari sharing buibu lain di WAG HiMa IP Tangsel, maka saya mendapatkan benang merah keterampilan apa saja yang harus saya kuasai agar meningkatkan indeks kebahagiaan saya. Semua keterampilan itu, dibagi dalam masing-masing kuadran seperti gambar di atas.

Dari keterampilan-keterampilan di atas, saya pilih 5 keterampilan yang akan saya perdalam selama kurang lebih enam bulan ke depan. Apa saja?


Manajemen Emosi dan Stress
Kenapa saya pilih ini? Karena saya sering banget kalah sama suami dalam memanajemen emosi. Ya memang kodrat wanita mainnya di emosi sih dari pada logika 😀 #pembenaran
Tapi yang saya maksud adalah bahwa saya perlu memperbaiki kemampuan saya untuk menyelesaikan emosi saya dengan lebih baik. Menyelesaikan, bukan memendam, seperti kata Cikgu Okina. Kalau stressnya lebih ke ..... hmmm... biar lelah pas kerja di ranah publik itu nggak mempengaruhi kehappyan saya ketika membersamai anak-anak di rumah. 

Ya Alloh mampukanlah....

Manajemen waktu
Keterampilan ini saya perlu sekali karena saya punya banyak keinginan. Ingin masakin suami dan anak-anak, ingin tetap main sama anak-anak dengan waras, ingin tetap berbagi lewat tulisan, ingin melihat rumah bersih dan rapi, ingin tilawahnya minimal 1 juz sehari, ingin bisa Bahasa Asing dengan baik, ingin optimal dalam bekerja, dan segala keinginan lain 🙈

Ini nanti akan dikaitkan dengan materi foundation -Gatget Focus- juga. Ah, tugasku banyak! Semoga nggak cuma rencana, tapi dilakukan dan istiqomah biar goalnya tercapai. Aamiiin...

Menyusun Menu Sehat dan Memasak Cepat
Masih nyambung sama keterampilan sebelumnya, saya pikir saya harus lihai dalam menyusun menu sehat dan memasak cepat biar efisien dalam memasak makanan di hari kerja. Semangat 💪

Manajemen Finansial
Kaitannya dengan "saya bahagia kalau berbagi, kalau sedekah, kalau menolong orang" dan juga "saya kadang bahagia kalau belanja" tapi nyesel kalau kebanyakan abisin waktu buat milih padahal cuma satu barang yang mau dibeli. Maka, saya akan belajar lagi mengelola keuangan keluarga 😊

Terakhir, Berbahasa Asing
Ya Alloh ini nggak istiqomah banget deh. Pas di kantor lama udah lumayan tuh meningkatkan skill bahasa asing khususnya English, tapi pas udah pindah merasa nggak ada waktu lagi. Kannnn, nyambung lagi sama manajemen waktu 😀

Okey, mungkin fokusnya ini dulu. Meski sebenarnya ingin masukin menyetir mobil di telur merah ini. Tapi... Ah sudahlah, 5 ini dulu aja. Semoga dimudahkan. Aamiiin



Update per 31 Desember 2019

Berbahasa Asing saya ganti dengan  PANDAI BERSYUKUR.
Kenapa? Karena saya kadang masih naik turun perasaan dan pikirannya. Dan seringnya, berujung kepada lupa bersyukur. Padahal kalau saya bersyukur, kebahagiaan saya meningkat drastis.

Bismillah, mudah-mudahan mulai detik ini dimudahkan untuk bersyukur. In sya Alloh akan ada project agar bisa bersyukur setiap saat.

#janganlupabahagia
#jurnalminggukedua
#kelastelurtelur
#bundacekatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.