04 Oktober 2018

Hanum, si Happy Toddler


Alhamdulillah Hanum sekarang sudah satu setengah tahun atau delapan belas bulan. Puji syukur ke hadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan banyak sekali nikmat kepada keluarga kami hingga detik ini.

Mimpi menuliskan milestone per bulan akhirnya tergerus sudah karena sudah enam bulan sejak usia
satu tahun saya belum menuliskannya lagi. Maafin ibun ya, dek.

Alhamdulillah Hanum sekarang semakin menggemaskan. Pokoknya sudah seperti berinteraksi dengan anak gadis. Sudah bisa diajak bicara dan diskusi. Ahahaha...

Baca Juga: Milestone Hanum 

Hanum yang tergolong anak yang easy going, jadi jarang sekali melihat dia baper. Alhamdulillah...
Seperti anak yang cuek begitu kesannya, tapi aslinya dia anak yang perhatian. Kemarin saja ibun menangis, diusel-usel dia seperti merasakan kesedihan yang sama. 

Karena sifat inilah, Hanum mudah sekali move-on. Misalnya, setelah sedih karena tidak dipinjamkan mainan oleh kakaknya, akan dengan mudah dia menemukan aktivitas lain yang membuatnya tersenyum kembali. Jarang melihat Hanum merengek dalam waktu yang lama. Menangis pun, biasanya karena alasan yang sudah harus menangis. Misal tadi tidak dipinjamkan mainan, apakah dia merengek? Tidak. Awalnya dia akan berwajah "menang" dan berusaha meminjam paksa. Wkwkwk... Kalau sudah begitu dan Rizma pergi menyelamatkan diri, dengan mudah kami mengalihkan perhatiannya. Msal lagi, dia jatuh, jarang sekali menangis kecuali jatuhnya beneran suakkkkkitttt -kalau kata orang Jawa Timur- alias sakit buanget!

Yap, itulah kamu, nak Hanum. Ibun nggak tahu juga apa yang ibun lalui selama kehamilan sampai kamu bisa sesantai ini. Hihihi...

Kosa Kata
Alhamdulillah Hanum sudah banyak sekali menyebutkan kosa kata benda yang kami ajarkan padanya. Selain juga belajar mimik dan gerakan yang membuat kami sendiri tertawa geli melihatnya. 

Pas pulang lebaran kemarin, usia Hanum kurang dari 15 bulan dan di kampung ketemu sama sepupunya yang selisih 3 bulan lebih tua, Ibes namanya. Saat itu, Ibes sudah bisa menirukan akhir suku kata orang dewasa. Dalam hati, ih pasti lucu sekal deh kalau Hanum lagi di masa itu.

Alhamdulillah beberapa minggu kemudian, Hanum mulai bisa berbicara kata yang dapat diartikan. Sekarang malah Alhamdulillah bisa menirukan satu kata full meski belum jelas.

ade = menyebut dirinya sendiri
anum = menyebut namanya
angun = bangun
bobo
mba
mba ma = mba Rizma
nda = bunda
buuun
papah
de = budhe
cucitang = cuci tangan
ai = air
maem
mnum
enak
obing = mobil
cicak
cicak cicak = nyanyi beneran
nenen
abum = sabun

dan, masih banyak lagi, alhamdulillah

Juga sudah bisa menirukan suara:
suara sapi
suara kambing
suara kuda --- ini lucu sekali, menirukan dengan lidah di dalam mulut berdecak
suara kucing - paling suka kucing, eyong, katanya
ekspresi menangis - persis seperti menangis, hobi mbahnya nih nyuruh Hanum nangis. haha

Kalau diajak mandi, langsung buka baju (dikeatasin bajunya) lalu kalau sudah dibantu lepas (beberapa bagian bisa melakukan sendiri, kadang malah bisa lepas celana tanpa bantuan) maka otomatis menaruh baju kotor di keranjang baju kotor. Sedang suka berusaha memakai dan melepas pakaian sendiri, dan frustasi karena belum mahir. Lucu banget, num!

Sekarang sudah sangat lengket dengan papahnya, sama seperti si kakak. Kalau ada adzan, langsung taruh jari di mulut dan bilang SSSSSTTTTT.... Lalu siap-siap mbuntut papahnya ke masjid untuk sholat setelah salim sama ibun minta restu. Haha


Dan, alhamdulillah si anak kinestetik ini, ternyata mau juga diajak mainan yang ibun siapkan dalam rangka menstimulasi rentang konsentrasinya. 

Nggak nyangka!
Dan ibun makin bersemangat menstimulasi seperti dulu ke Mbak Rizma, setelah belajar filosofi montessori. Masya Alloh love banget sama filosofinya, ibun belajar bagaimana melihat anak-anak dari sudut pandang anak kecil, ternyata banyak yang ibun syukuri dan ibun makin ingin belajar lagi untuk jadi ibu yang lebih baik dalam membersamai anak-anak.

Semoga tumbuh sehat, cerdas, dan be sholihah ya nummm...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.