07 Mei 2018

Ayo Membuat Selai Pisang Sendiri

Dalam rangka memeriahkan acara science fair di sekolahnya, kelas Rizma mendapat tugas untuk mengolah buah dan tanaman yang ada di dalam Alquran menjadi bentuk lain yang bermanfaat. Satu kelas dibagi dalam beberapa kelompok. Ada kelompok anggur, kurma, zaitun, pisang, tin, jahe, bawang merah, mentimun, bidara dan tanaman padi-padian.

Rizma kebagian kelompok pisang. Anggotanya ada lima orang: Rizma, Malika, Omar, Abid, dan Damar. Hasil diskusi menyimpulkan bahwa kelompok pisang akan membuat selai pisang. Alhamdulillah, dalam bayangan saya ini nggak terlalu sulit. Hehehe...

Pembuatan selai pisang dilakukan di rumah Damar, terima kasih ya Damar sudah
mengizinkan rumahnya dikunjungi kami. Anak-anak sangat antusias mengerjakan tugasnya. Sebetulnya ini tugas rutin yang bernama WWP atau Work with parents. Hanya saja kali ini dikerjakan secara berkelompok meski laporan WWP-nya tetap per anak seperti biasanya.

Rizma dan Malika kebagian tugas berbelanja bahan-bahan untuk membuat selai pisang di pasar. Terima kasih untuk mama Malika yang sudah antar jemput Rizma! Awalnya pembelian bahan-bahan hanya akan dilakukan di Total buah, alasannya biar simpel dari pada harus ke pasar karena saat itu ada 2 batita yang ikut. Hihihi... Namun karena ternyata pisang lagi kosong di sana, jadi terpaksa ke pasmod juga. Hahaha... 
Sholihah belanja pisang
Sebelum memulai membuat selai pisang, anak-anak melakukan ritual berdoa dahulu seperti halnya di sekolah. 



Alhamdulillah selama proses pembuatan selai, anak-anak sangat kooperatif. Apakah setiap tahap pembuatan dibagi tugas per anak? Tentu saja semuanya mau ikut andil dalam setiap tahap pembuatan. Jadi, nggak bisa yang namanya: memeras lemobagian Malika, menambahkan gula bagian Damar, menekan tombol blender bagian Rizma. Semua tahap dilakukan bersama-sama. Mungkin terdengar repot ya, tapi kenyataannya mereka mau diajak kerja sama agar saling bergantian menunggu giliran. Yup! Satu tahap pembuatan dilakukan oleh semua anak, jadi misalkan gula yang dimasukkan sesuai resep adalah 25 sendok maka per anak akan memberikan gula ke adonan selai masing-masing 5 sendok. Seru! Karena saat menghitung dilakukan bersama-sama. Hahaha... Good job, banana's kids!
Lihat kan bagaimana mereka membuat selai dengan penuh senyuman. Yang artinya mereka senang melakukannya karena dilakukan bersama-sama.
Oh iya, kami membuat selai pisang dengan resep dari web khasiat buah pisang. Ini dia resepnya:
Bahan - Bahan :
  • 6 Buah pisang yang telah dipotong kecil-kecil. Jika suka dengan selai yang lebih halus Anda bisa menghaluskan pisang dengan blender.
  • 22 Sdm gula pasir.
  • 6 Sdm air perasan jeruk lemon.
  • 25 Sdm orange juice siap pakai
Peralatan :
  • Panci untuk memasak
  • Botol yang sudah di sterilisasi untuk wadah penyimpanan
Cara Membuat Selai Pisang :

  • Campurkan gula, air perasan jeruk lemon dan orange juice sampai gula terlarut sepenuhnya ke dalam larutan jus tersebut
  • Campurkan pisang yang telah kita potong kecil ke dalam wadah tersebut
  • Masukkan adonan ke dalam panci kemudian masak dengan api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan terus aduk hingga pisang hancur. Jika Anda suka dengan tekstur yang kasar jangan terlalu sering diaduk.
  • Setelah didapatkan kekentalan yang diinginkan matikan api dan masukkan ke dalam botol yang telah disediakan. Setelah uap panas hilang tutup wadah tersebut.

Anak-anak sangat senang selai pisang buatan mereka sudah jadi, masing-masing mencicipi rasanya. Enak! Alhamdulillah... 
Banana Moms
Untuk science fair sendiri, sudah ada aturan untuk memajang hasil karya. Jadi, nggak sekadar membuat selai pisang. Tapi semacam ada laporannya, baik individu maupun kelompok. Terima kasih banyak kepada ibu-ibu yang sudah banyak membantu dalam proses pembuatan laporan ini. Alhamdulillah...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.