31 Mei 2018

Review Peralatan MPASI BLW


Saya nggak akan membahas peralatan perang untuk MPASI seperti pada umumnya. Nama pun anak kedua, jadi semua sudah ada alias lungsuran kakaknya. Peluk hanum!

Lalu sesuai judulnya, apakah Hanum ber-BLW-ria? Jawabannya: Lebih banyak spoon feeding. Karena
lebih banyak waktu makan sama pengasuhnya, jadi saya nggak tega untuk terapkan full BLW ke Hanum. Jadi hanya saat-saat tertentu saja Hanum BLW. Tapi alhamdulillah, selain milestone yang super mengejutkan, Hanum ini juga cepat belajar dalam hal makan. Jadi, nggak terlalu sering BLW saja dia sudah tinggi minat untuk makan sendiri. Seperti sendok yang sering direbut, lalu berusaha mengambil makanan dari piring dan menyuapkan ke mulutnya sendiri. Memungut apa saja untuk dimakan, ini ternyata berpengaruh ya ke keterampialn makan.

Oh iya, yang belum tahu tentang apa itu BLW (Baby Led Weaning), saya share disini ya tentang BLW dari kulwapp dr. Ratih Ayu Wulandari ya.


Selengkapnya tentang BLW, bisa dibaca dalam buku Baby Led Weaning dari Gill Rapley & Tracey Murket atau akun instagram @ceritablw ya. Lengkap, ada alasan kenapa BLW, kapan mulai BLW, manfaat BLW, apa yang dimakan saat BLW, tips BLW, menu BLW, pengalaman BLW, dan info lain yang sangat membantu ibu-ibu yang akan menerapkan BLW pada MPASI anaknya.

Peralatan MPASI anak kedua sangatlah sederhana dan santai. Jadi karena memang hampir semua sudah ada, saya hanya membeli beberapa peralatan saja yang belum ada atau memang harus ganti seperti mangkok, piring, dan sendok bayi. Itu juga masih memanfaatkan peralatan makan yang sudah ada seperti piring beling, piring, sendok, dan mangkok plastik ikea.

Alhamdulillah high chair juga sudah ada, masih awet dari jaman Rizma MPASI.

Peralatan yang baru yang saya beli:

1. Set peralatan makan ikea mata 
Bagi saya ini sangat terpakai sendok dan wadah minumnya. Mangkok gonta ganti dengan yang lain. Sedangkan bibs lucunya, hanum nggak betah jadi nggak terlalu sering dipakai.

2. Wadah kecil dari tupperware (Smartsaver)
Ini sangat berguna untuk menyimpan makanan di kulkas dalam jumlah kecil. Saya beli ukuran terkecil dengan harga 10 ribu per wadah. Ada wadah lain yang saya pakai karena penasaran dengan iklan: Richell baby Food Container seharga 20 sekian ribu dapat 6 wadah -sudah include tutup-. Apakah hanya saya yang penasaran? 

Sekaligus saya review ya. Bahan plastiknya sangat tipis. Jadi nggak tega lah kalau untuk simpan makanan bayi. Tapi kalau memang sudah nggak ada tempat dan saya butuh menyimpan dalam jumlah kecil, tetap saya pakai. Dengan catatan nggak ikut saya panaskan di kukusan. Kalau tupperware kan aman ya plastiknya, kalau ini, aman sih tulisannya untuk microwave, tapi saya merasa nggak aman. Hehehe... Penampakannya seperti ini:

3. Numnum dips
Ini sempat galau mau beli enggak, karena sendok makan saja harganya 180 ribuan. Sungguh saya ibu pemikir untuk peralatan mpasi lucu semacam ini. Nggak hanya lucu aih, tapi bagus buat mendukung BLW. Karena mikir tadi, akhirnya saya batal beli. Kemudian beberapa bulan lagi muncul hasrat untuk beli. Saking niatnya, akhirnya saya dapatkan itu numnum dips seharga 100 ribu. Yeay! Bagaimana reaksi hanum? Sendok ini nggak banyak membantu. Hahaha... Akhirnya saya jual dan langsung laku. Jadi hanya dipakai sebentar.

4. Nuby Suregrip Silicone Bowl
Ini berguna banget! Awalnya memang mau beli yang sampe alas piring/mangkoknya silikon. Jadi sampai alas makannya pun menempel di meja. Tapi karena bagi saya harganya keterlaluan mahal (iya, piring makan bayi saja diatas 200 ribu, maaf ya nak ibu perhitungan, hihi, mending beli gendongan). Saya memakai merk harga kisaran 70 ribu dan sampai sekarang hanum lebih dari setahun bisa dipakai. Alhamdulillah!

5. Bibs/slaber/celemek makan
Saya memakai yang anti air dari ikea mata seperti pada gambar poin 1. Mmang ada sih yang bekas kakaknya dulu, tapi sudah lecek. Dan ternyata tipe adik sama dengan kakak -nggak betah pakai bibs. Jadi, lebih banyak memakai bibs kain, meski di tengah jalan ditarik sama Hanum. Hahaha...

6. Handblender
Seperti yang sudah saya review di sini, handblender sangat membantu di awal-awal MPASI dimana teksturnya masih sangat lumat. Nggak ribet pakai saringan, hehe... 
Sekian review peralatan MPASI BLW dari saya, semoga membantu ya untuk yang masih galau mau beli atau enggak karena masih mencari review.

Selamat berburu peralatan MPASI!

5 komentar:

  1. wahhhh mahal juga ya peralatannya, apakah harus ?

    BalasHapus
  2. Makasih mbak elok 🤗🤗🤗
    Lagi hits ya BLW. Tp sy masih menganut who saklek qiqiiqiq paling finger food. Yg penting sebelum praktek dipahami dl caranya BLW ya. Semangat 😘😘😘

    BalasHapus
  3. Aku salut sm ibu2 yg nerapin BLW, aku blm sanggup, krn kerja jg sih setiap hr, paling klo weekend dan d rmh suka ajarin mereka pegang makanan sendiri

    BalasHapus
  4. Cara BLW ini mbuat anak bisa eksplore makanan ya

    BalasHapus
  5. Aku mau beli si sendok itu juga tapi akhirnya aku batalin. Blw juga masih semaunya aku. Gak rutin gitu. Alhamdulillah skr sih mulai lancar makan sendiri

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.