25 September 2019

Menjadi Keluarga Cerdas Teknologi








Bismillahirrohmanirrohim...

Ijinkan saya mengalirkan rasa...

Level 12 perkuliahan bunda sayang ini, merupakan level terakhir yang banyak memberikan saya wawasan baru tentang kemajuan teknologi. Selama 17 hari berturut-turut, saya mereview berbagai aplikasi yang menunjang saya dalam menjalani peran sebagai wanita, istri, dan ibu.

Nggak bisa dipungkiri bahwa kita semua sudah menyatu dengan teknologi. Jadi, tugas kita adalah memanfaatkan teknologi yang memang sudah ada di depan mata. Kalau kata Bu Najeela Shihab, jangan sampai ketakutan kita akan dampak negatif dari kemajuan teknologi membuat kita menutup mata hingga akhirnya kita yang tertinggal.

Alhamdulillah, pada level ini pula saya memberanikan diri mengambil peran menjadi koordinator bulanan (korlan) bersama Mak Lia Apriliani. Tentu saja setelah mendadak mengiyakan posisi ini, saya deg-degan dengan tugasnya. Dari awal saya agak ragu karena saya nggak bisa online di malam hari, sedangkan jadwal diskusi materi, tantangan, maupun review jadwalnya malam hari. Namun ternyata hal ini bisa diterima bersama, meski dari tiga pertemuan kelas melalui Zoom saya nggak bisa hadir. Dan ternyata lagi, tugas korlan lebih dari itu, nggak seperti koordinator mingguan saat Matrikulasi tahun lalu.

Setiap hari, saya berusaha agar tugas harian korlan untuk cek setoran semua mahasiswi jangan sampai dirapel. Dan hal itu alhamdulillah bisa dilakukan kecuali untuk sabtu minggu di mana saya nggak mungkin mengurangi family time. So, sudah ketebak setiap senin rapelan tugas sabtu minggu yang kadang sampai membuat mata pusing tapi seru. Hahaha.... 

Saya mengatakan seru karena, setiap saya cek setoran tugas emak-emak bunsay, saya selalu mendapatkan pelajaran baru tentang aplikasi yang belum saya kenal. Dan itu sangat-sangat bermanfaat bagi saya. Saya bersyukur Alloh memberi kode untuk mengiyakan tugas korlan di detik-detik terakhir yang ternyata hikmahnya adalah pelajaran ini. Saya sampai mencatat mana saja aplikasi yang kira-kira saya perlukan, atau hanya mencoba kemudian uninstall, dan tanpa ragu bertanya kepada emak yang sudah terlebih dahulu menggunakan aplikasi tersebut. 

Hikmah lainnya adalah, saya lebih mengenal para mahasiswi kelas bunsay Tangsel - Depok yang selama ini belum semuanya saya kenal. Dan beberapa kali takjub karena nama panggilan berbeda dengan nama asli di link setoran. Hahaha....




Untuk tugas pribadi, saya menggunakan bantuan reminder di smartphone saya agar jangan sampai telat setor. Karena ini kesempatan terakhir saya untuk bisa memberikan yang terbaik diantara 11 level yang sudah terlewat. Kalau bisa Outstanding Performance saat bertugas menjadi korlan, bukankah itu hal yang luar biasa bagi saya yang sebelumnya hanya sampai di level You are Excellent ?

Aplikasi yang saya review pun beragam. Ada yang memang selama ini sudah saya gunakan dalam mempermudah semua aktivitas dan tugas yang saya emban, ada juga aplikasi baru yang saya install karena mendapatkan insight dari teman-teman lain. Dan setelah hari ke-17 berakhir, masih ada list aplikasi yang belum di-review

Terkadang, saking menikmati tugas korlan, saya lupa kalau saya belum setor tugas, hihi... Dan alhamdulillah karena tugas korlan inilah saya selalu ingat agar tetap semangat mengerjakan tugas.

Sungguh semua kesenangan ini akan saya rindukan setelah kelas bunsay ini berakhir. Nggak nyangka hampir genap 12 bulan kami, para mahasiswi kelas bunda sayang belajar dan berjuang bersama-sama untuk menjadi wanita, istri dan ibu yang lebih baik.

***

Selama level 12 ini saya belajar bahwa kita harus bijak dalam menggunakan aplikasi. 

Apakah suatu aplikasi bisa membantu kita dalam menggapai visi misi keluarga? 

Bisakah suatu aplikasi membantu kita menggunakan waktu secara lebih efektif dan efisien? 
Ataukah malah membuat kita terlena dan menyia-nyiakan waktu?

Apakah dengan aplikasi tersebut kita bisa lebih dekat dengan Alloh, atau malah lalai?

Dan yang utama, jangan sampai karena kemajuan Teknologi, waktu kita bersama orang-orang penting dalam hidup kita menjadi berkurang atau terganggu.

***



All picture from Freepik.com

***

Alhamdulillah aliran rasa game level 12 ini mendapat predikat aliran rasa terbaik ❤



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.