11 September 2019

Rizma Belajar di Ruang Guru

cara install aplikasi ruang guru

Beberapa pekan lalu, di group wali murid kelas Al Battani (kelas 1 SD nya Rizma) ada yang sharing tentang persiapan UTS dengan menggunakan buku-buku latihan soal. Deg! Saya langsung kaget karena di rumah jarang sekali latihan seoal-soal. Happy-happy main ngobrol baca bareng aja kami, hahaha....


Lalu, pas mampir ke Gramedia pulang kerja, ibun sempatkan memasuki lorong untuk buku kelas 1 SD. Alhamdulillah menemukan 1 buku seharga 25 ribu yang berisi materi dan soal untuk anak kelas 1 SD. Jadi ingat jaman dulu kayaknya kelas 1 itu saya baru belajar membaca, baru belajr menulis huruf a dalam selembar kertas diajari kakak sulung saya.

Jaman sudah berubah, alhamdulillah Rizma sudah bisa membaca dan menulis meski belum lancar banget. Dulu nggak ada target apa-apa, hanya seneng main sambil kenalin simbol tapi dengan metode yang sesuai dengan anak usia dini yaitu melibatkan keseluruhan inderanya. Metodenya juga comot sana sini santai aja.

Baca juga: Tahapan Rizma Belajar Membaca

Nah, lanjut ke cerita. Pas Rizma lihat buku itu, Rizma senang dan bertanya apa itu bun? Sekalian deh saya buka dan dampingi untuk melihat isi bukunya. Rizma sendiri yang minta untuk mengerjakan "worksheet" berbentuk buku itu. Kalau dia bosan, ya sudah, bukunya menganggur. Lain waktu, dia minta lagi buka buku itu, saya temani lagi. Stok sabar, senyum, dan telaten aja yang banyak.



Rizma Latihan Soal di Ruang Guru

Nggak lama kemudian, saya berkenalan dengan ruang guru. Lupa dari mana infonya tentang ruang guru ini. Saya coba cari di playstore dan ada aplikasinya, langsung saya coba install. Dan ternyata Rizma suka juga dengan "screentime" di ruang guru ini. Tapi nggak rutin juga, intinya santai dan sesuai permintaan saja. Nggak ada target, entah ini saya salah apa enggak. Hihihi.... Karena prinsip saya adalah menjadikan "belajar itu menyenangkan" sehingga anak-anak nggak bosan belajar yang memang sudah fitrahnya.

Nah, apa saja yang ada di ruang guru ini?
Isinya seputar latihan soal dan video pembelajaran. Banyak pilihannya untuk kelas berapa dari tingkat SD sampai SMA bahkan ada latihan untuk masuk STAN. Wohoho....



Kurikulumnya juga bisa dipilih, Rizma pilih yang tematik. Menurut saya, aplikasi ruang guru ini membantu anak-anak mengulang pelajaran di sekolah ketika di rumah sebagai pilihan saat anak menggunakan gawai (sreentime).

Pelajarannya ada Bahasa Indonesia, ada Matematika, bahkan ada ngaji. Tapi kami baru explore sedikit saja karena memang mengutamakan kegiatan di luar screentime.



Belakangan baru tahu banyak fitur lainnya di aplikasi ruang guru ini. Ada beberapa yang free, dan juga ada yang berbayar. Kebetulan kami baru mencoba yang free

Ruang guru juga dapat diakses melalui webnya ⇒ ruangguru dot com


ruang guru adalah


Dan dari webnya saya jadi tahu ternyata banyak sekali fitur dan layanan yang ditawarkan oleh ruang guru. Kalau mau tahu lebih banyak tentang ruang guru, silakan di explore yaaah webnya...
Kalau mau cobain, bisa dengan instal aplikasinya di smartphone maupun langsung login di webnya.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat yah 😊




1 komentar:

  1. wah ternyata ruangguru dari SD-lulus SMA ya, saya kira buat SMA saja, terimakasih mba rizma atas review dan sarannya

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.