27 Januari 2020

Rimba Baca, Perpustakaan Cozy untuk Keluarga


perpustakaan anak di jakarta
Rimba Baca


Saya lupa kapan berkenalan dengan perpustakaan ini. Rasanya sudah sekitar empat tahun yang lalu. Saat keluarga kami hanya punya sebuah motor untuk kemana-mana dan belum trend angkutan online seperti sekarang. 

Alhamdulillah, akhir pekan lalu kami diberi rejeki untuk datang ke Rimba Baca. Sebenarnya sudah lama si sulung mengajak kesana. Karena satu dan lain hal, baru kesampaian sabtu lalu. Alhamdulillah...

Alloh pasti punya rencana baik untuk kita.

Pas sampai sana, sepi, sunyi, hanya ada mas-mas penjaga perpustakaan yang belakangan saya tahu namanya Alwi. Saya jadi bingung mau mulai pembicaraan dari mana. Mungkin masnya pikir saya sudah biasa datang, jadi hanya diberi senyuman saja. Hehehe...


Lalu saya pun mulai menanyakan bagaimana sistem di Rimba baca. Mas Alwi pun menjelaskan dengan ramah.

Pertama, pengunjung dapat membayar per kunjungan. Yaitu Rp30ribu per anak dan Rp10ribu untuk dewasa. Kelemahannya, buku yang dipinjam nggak bisa dibawa pulang. Iya, karena pasti susah men-trace-nya.

Kedua, sistem member. Pengunjung dapat mendaftar sebagai member selama satu tahun dengan membayar Rp375ribu per keluarga. Mungkin angka ini terasa berat di pikirian kalau dibandingkan dengan angka Rp30ribu. Tapi, bila anak kita suka membaca dan mengunjungi perpustakaan, nampaknya lebih baik memilih menjadi member.

Sebelum masuk, pengunjung akan mendapatkan tulisan di pintu masuk:

FOTO

Kemudian, dekat dari pintu masuk, ada lemari impian anak-anak. Wow...


Ya! Anak-anak dapat memakai pakaian-pakaian yang ia pilih. Mungkin bisa berpengaruh ke mood saat membaca? Atau malah sibuk berganti-ganti gaun dan lupa dengan tujuan awal?

Penting menurut saya untuk melakukan BRP atau Briefing and Role Playing sebelum berkunjung ke sini, bahkan ke semua tempat kalau bisa. Misalnya tentang do and don't selama di sini. Sepakati dan pastikan anak paham. In sya Alloh acara berkunjung ke perpustakaan tetap menyenangkan.



Lihat juga sederetan bandana yang ada di dekat Mas alwi. Juga tak sedikit topi berbagai karakter di dekat wastafel. Bisa dipakai oleh pengunjung. Tapi hati-hati ya, karena kita nggak tau perawatan barang-barang yang disewakan dan bagaimana kondisi pengunjung sebelumnya. 


Ada juga buku-buku yang dijual oleh Rimba Baca. Kemarin dua kali saya salah meminjam buku yang dijual. Hahaha... Karena belum tahu bedanya sih. Kalau sekarang sudah tahu tentunya. Semoga nggak salah pilih lagi ya.


Kalau lapar, nggak bawa bekal makanan minuman dan masih berniat lama di sana, anak-anak juga bisa membeli makanan ringan di Rimba Baca. 


Kamar mandinya pun bersih, alhamdulillah... Kemarin kami benar-benar satu-satunya pengunjung sampai hampir satu jam sebelum pengunjung kedua datang. Jadi, semuanya masih aseli a.k.a belum tersentuh☺

Menurut info dari Mas Alwi, hari ini sepi karena pengunjung nggak tahu kalau Rimba Baca buka di hari perayaan tahun baru imlek. Lho, kami juga nggak ingat, alhamdulillah kan namanya rejeki, jadi puas serasa perpustakaan pribadi. 


Oiya, disana juga disediakan tempat sholat di kamar khusus. Alhamdulillah nyaman sekali. Ada kasurnya, saya pikir kamar ini juga bisa digunakan sebagai nursing room untuk pengunjung yang membawa baduta.


Di lantai atas, ada buku-buku untuk usia diatas 12 tahun. Jadi, orang tua juga bisa meminjam dan membaca buku sesuai dengan minatnya. Masya Alloh, mimpi banget punya perpustakaan seperti ini. 

Makasih adek udah bergerak cepat hingga wajahmu nggak terlihat jelas :D


Nah, di lantai atas juga, semacam bisa dipakai untuk "private meeting" loh. Misalnya saya mau janjian sama penulis buku anak termashur untuk membicarakan proyek kolaborasi. Sambil buka-buka refensi pun bisa, atau sambil mengerjakan tugas? Hahaha...

Yang penting jaga ketenangan perpustakaan ya!


Rasanya seharian nggak akan cukup untuk melahap ilmu dari buku-buku yang disediakan. Semuanya bagus-bagus. Namun member hanya punya jatah maksimal empat buku untuk dibawa pulang (buku anak dan buku dewasa).


Karena kemarin sepi, jadi saya belum bisa bercerita bagaimana kondisi Rimba Baca saat ramai pengunjung. Nah, keesokan harinya ada acara anak yaitu membuat robot sendiri. Alhamdulillah kami datang hari Sabtu, jadi bisa menikmati sunyinya perpustakaan ^.^


Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat ya :)

____

Rimba Baca
Jalan RSPP No.21 B Cilandak, Jakarta Selatan
Telepon (021) 7664517 atau Whatsap 0878-0001-8555
Buka setiap hari pukul 10.00 s.d. 19.00 WIB (kecuali hari libur nasional)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.