13 Februari 2020

[Review Buku] Tuntas Motorik & Tuntas Kemandirian


Bismillah...

Kali ini saya mau mereview sedikit tentang duo buku yang sangat bermanfaat bagi saya. Dari segi
ukuran, memang handcarry yah. Jadi, kalau kata Ocha itu dibaca dalam perjalanan kereta pulang kerja aja bisa kelar. Hahaha...

Tapi anehnya, buku ini membuat saya menjadikannya salah satu referensi khusus yang harus saya pegang. Karena isinya daging semua, namun dikemas dengan cara yang ringan.

TUNTAS MOTORIK

Buku ini membahas banyak kasus-kasus yang sering terjadi di masa kini, yang ternyata bila ditelisik adalah hasil dari nggak tuntasnya motorik di waktu kecil. Apa saja?
Diantaranya adalah emosi labil, susah baca tulis, dan barang rusak atau hilang.

Banyak "Ooooo..." moment saat baca bagian ini.

Kalau yang belum pernah belajar tentang motorik ini, akan sangat membantu menemukan apa hubungan tuntas motorik dengan segala skill di masa kini.

Halah, dulu saja saya nggak diajarin ini itu kok sama ibu saya! Pasti ada saja komentar seperti ini ketika melihat berbagai aktivitas orang tua milenial dalam menstimulasi perkembangan sensorik motorik anak.

Ya memang jaman dulu itu yang mematangkan sistem sensorik dan motorik kita adalah waktu yang kita lalui bersama alam, lingkungan, dan juga kebiasaan kita jaman dulu. Yang mana jauh sekali perbedaanya dengan kondisi saat ini.

Kabar baiknya, menurut pendekatan ahli, konon waktu melatih sistem sensorik dan motorik anak adalah sampai usia 8 tahun 🥰

Buku ini juga membahas tentang perkembangan normal sensorik motorik anak sesuai tahapan usia serta stimulasi apa yang bisa dilakukan orang tua. Jadi, kita nggak perlu bingung "terus kita harus ngapain?"

TUNTAS KEMANDIRIAN

Alhamdulillah, Oktober 2019 lalu launching "adik" dari buku Tuntas Motorik yang berjudul Tuntas Kemandirian. Karena sudah merasakan manfaat "kakaknya" maka saya memutuskan untuk ikut menjual juga buku Tuntas Kemandirian ini. Alhamdulillah, animo teman-teman luar biasa, apalagi yang sebelumnya sudah pernah memesan buku Tuntas Motorik.

Nah, sama dengan buku sebelumnya, buku Tuntas Kemandirian ini juga menguak berbagai kasus di usia dewasa yang berhubungan dengan kemandirian di masa kecil yang belum tuntas. Sedih banget pas baca, ya Alloh...

Jadi ternyata banyak sekali karakter yang pondasinya itu dari kemandirian.

Mungkin ada beberapa hal yang membuat kita membuka lagi kenangan masa kecil dan mensyukuri betapa beruntungnya dulu secara nggak direncanakan orang tua kita dididik menjadi pribadi yang mandiri. Alhamdulillah...

Sebaliknya, ada juga mungkin beberapa hal yang membuat kita harus memaafkan orang tua kita dan bertekad untuk berikhtiar lebih baik dalam menuntaskan kemandirian anak-anak kita.

Apa sih contoh kasusnya?
Diantaranya adalah kericuhan keluarga karena nggak mandiri, Drop Out Kuliah karena buruknya kemandirian, dan mengalami Bullying karena belum mandiri.

Lalu apakah buku ini juga berisi tentang bagaimana seharusnya orang tua mendidik anaknya agar mandiri?

Ada tiga bagian buku Tuntas Kemandirian yang membahas pendidikan kemandirian anak. Pertama, untuk usia dini; kedua, usia pra-baligh dan terakhir usia baligh. Ketiganya sudah dilengkapi dengan contoh kasus dan stimulasi kemandirian yang bisa dilakukan orang tua untuk anaknya.

KEDUA BUKU

Jadi, menurut saya, kedua buku karya Bu Ani Christina ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca dan/atau dimiliki.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat yah. Alhamdulillah akhirnya tulisan ini selesai juga setelah sepertinya ada sebulan mengendap di draft hanya dengan judul saja. Hehehe...

Semangat terus ya untuk meningkatkan ikhtiar kita dalam menjadi orang tua yang sabar menyemai benih-benih kebaikan yang dibawa anak-anak.

***

Tuntas Motorik, Investasi Sepanjang Hayat.
Jumlah halaman 88.
Harga Rp50.000,-
Tuntas Kemandirian, Investasi Sampai Akhirat.
Jumlah halaman 122.
Harga Rp70.000,-
Penulis: Ani Christina
Penerbit: Filla Press

Direview oleh Elok @e.mahmudah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.