03 April 2014

"Cuma wudhu aja kok, mbak"

Sudah lebih dari sekali saya menjumpai 'drama' yang sama di lokasi yang berbeda. Sebutlah untuk sebuah masjid besar yang terletak di jalan utama, yang mana lokasi strategis membuat masjid tersebut disinggahi banyak pengendara motor yang menunaikan ibadah sholat maghrib sepulang kerja.
Tentu saja, di pikiran saya yakin jika masjid yang besar pasti sudah terpisah area wudhu (beserta toilet) wanita dengan area wudhu (beserta toilet) laki-laki. benar memang, di semua masjid tersebut sangat bagus layout-nya, dimana area wanita terpisah jauh dengan area laki-laki bahkan berada di dua sisi yang berbeda.
Alhamdulillah, tentunya. Karena saya dan para jamaah wanita lain pasti merasa aman ketika berwudhu atau menggunakan toilet. Tapi ternyata tidak semulus yang diharapkan. Beberapa kali saya menyaksikan sejumlah jamaah laki-laki, baik bapak-bapak maupun laki-laki lajang (kelihatannya) yang menggunakan area wanita untuk berwudhu. Menyedihkan, padahal tulisan "Tempat Wudhu Wanita" sudah terpampang jelas di dinding luar area tersebut.

Untuk suatu ketika saya beranikan menegur (setelah beberapa kali cuma memandangi mereka dengan sinis sembari melirik tulisan di dinding dan mendoakan agar para jamaah laki-laki tersebut sadar dan menghormati para jamaah wanita) seorang bapak-bapak yang dengan mulusnya melangkahkan kaki dan berwudhu di area wanita:
"Pak, ini kan tempat wudhu wanita (!)" tegur saya.
"Iya, mbak, ngga apa-apa, saya cuma wudhu aja kok, mbak."  Jawab bapak-bapak itu dengan santai sambil meneruskan wudhu-nya.
Ya Alloh... Baru tahu saya apa yang ada dipikiran mereka (atau mungkin cuma bapak-bapak itu aja).
Berati, wudhu itu hal sepele yang bisa dikatakan dengan kata "cuma" ya?
Terus apa yang mereka hindari? Menggunakan toile wanita, mungkin???

Mudah-mudahan mereka pada sadar diri dan taat aturan sederhana yang memang dibuat sudah sesuai syariat Islam. Semoga dimudahkan langkah kaki mereka untuk melangkah ke tempat mereka yang seharusnya.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.